Tips Mengatasi Septictank Penuh Tanpa Sedot Secara Efektif

mengatasi septictank penuh tanpa sedot

Pastinya kita pernah mengalami permasalahan sistem pembuangan limbah rumah tangga, salah satunya adalah septictank penuh. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan menjadi masalah yang berkepanjangan serta dapat memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Namun anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa cara mengatasi septictank penuh tanpa sedot. Cara ini terbukti dapat mengatasi masalah septictank anda dengan cepat dan tepat.

baca juga sedot wc semarang

Tips Mengatasi Septictank Penuh Tanpa Sedot Secara Efektif

Terjadinya septictank yang penuh disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adanya pemakaian pada WC yang sering serta kurangnya mikroba pengurai yang terdapat di dalam septictank yang tidak sebanding dengan limbah yang masuk ke dalam septictank yang diuraikan. Faktor lain adalah tertutupnya pori-pori resapan air yang terdapat pada tanah limbah yang bergerak dikarenakan kekurangan mikroba pengurai.

Tips Mengatasi Septictank Penuh Tanpa Sedot

Di musim penghujan, debit air di dalam tanah lebih tinggi. Hal ini tentunya dapat menyebabkan daya serap limbah pada tanah menjadi berkurang. Hal ini dapat membuat septictank menjadi penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, dibawah ini beberapa cara mengatasi septictank penuh tanpa sedot antara lain:

Menggunakan Cairan Anti Sumbat

Caranya dengan menyiramkan cairan pada lubang kloset. Kemudian diamkan beberapa saat kurang lebih 10 menit. Selanjutnya dapat anda siram dengan air lagi.

Soda Api

Soda api atau biasa disebut dengan natrium hidroksida terbukti dapat menguraikan kotoran yang terdapat pada lubang kloset atau septic tank. Soda api dapat secara langsung bereaksi dengan air yang kemudian akan menimbulkan gelembung-gelembung.

Gelembung-gelembung tersebut dapat membantu dalam proses penghancuran beragam benda atau kotoran yang menumpuk serta menyumbat pada saluran yang menyebabkan septictank penuh.

Cara lain untuk mengatasi septictank penuh tanpa sedot adalah dengan menggunakan obat pembunuh bakteri yang dapat menguraikan kotoran pada septictank anda yang penuh. Obat ini banyak beredar di pasaran. Dalam pemakaiannya, anda dapat membaca terlebih dahulu aturan pakai sebelum memasukkan obat tersebut ke dalam toilet atau septictank agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *