5 Aplikasi Untuk Screenshot Layar Laptop Gratis

Aplikasi Untuk Screenshot Layar Laptop

Semakin ke sini,  di mana pekerjaan berbasis digital meningkat signifikan, fungsi screenshot untuk layar laptop semakin diperlukan. Untuk itu tidak heran jika Microsoft melengkapi Windows 10 dengan aplikasi untuk screenshot layar laptop yang cukup mumpuni.

Namun, untuk keperluan tingkat lanjut atau keperluan screenshot dengan mode yang lebih rumit dan lebih beragam, diperlukan aplikasi screenshot lain yang lebih memudahkan dalam mendukung pekerjaan.

Misal Anda seorang desainer grafis, saya rasa tidak cukup kalau hanya mengandalkan aplikasi screenshot bawaan Windows. Anda perlu menggunakan aplikasi screenshot lain yang lebih mumpuni, lebih fleksibel dalam mendukung pekerjaan Anda sebagai seorang desainer grafis.

Aplikasi Untuk Screenshot Layar Laptop

Juga Anda yang berprofesi lainnya, yang erat hubungannya dengan dunia grafis. Seperti mungkin Admin selebgram, jasa percetakan, admin olshop, tukang biro jasa, tentu memerlukan aplikasi screenshot yang lebih canggih dan lebih fleksibel disbanding dengan aplikasi screenshot bawaan Windows.

Di bawah ini saya tampilkan beberapa aplikasi untuk screenshot layar laptop gratis. Yang bisa Anda jadikan opsi untuk mendukung pekerjaan Anda.

7 Aplikasi Untuk Screenshot Layar Laptop Gratis

Awesome Screenshot – Aplikasi Chrome Screenshot

Awesome Screenshot ini bisa Anda add di browser Chrome ataupun Firefox. Bahkan baru-baru ini  tersedia juga bagi Anda pengguna Opera.

Untuk mencari file extensionnya, And bisa googling dengan menyesuaikan browser yang Anda gunakan.

Misal…

Jika Anda pengguna browser Firefox, maka googling dengan kata kunci “Awesome Screenshot for Mozilla Firefox” (tanpa tanda petik).

Baca Juga Secara Advance, Cara Screenshot di Laptop di https://www.pakardokumen.com/2019/09/5-cara-screenshot-di-komputer.html

Aplikasi Screenshot Gratis Nimbus Screenshot

Opsi screenshot berbasis web browser selain  Awesome Screenshot, Anda bisa memakai Nimbus Screenshot.

Aplikasi screenshot gratis ini bukan hanya bisa diinstall google Chrome, tapi juga bisa di broser lainnya seperti browser Microsoft Edge, Firefox..dll.

Screenshot Captor – Aplikasi Screenshot Gratis Portable

Jika dua aplikasi sebelumnya berbasis browser extension, untuk screen captor ini bentuknya software yang diinstall di laptop/ desktop Anda.

Tapi bagusnya, aplikasi ini cukup ringan dan tersedia dalam bentuk portable.

Juga, aplikasi screenshot ini tersedia dalam versi gratis. Hanya saja, untuk versi gratis, Anda harus mendaftarkan diri di forum DonationCoder untuk mendapatkan Key License gratisnya.

Screenpresso – Aplikasi Screenshot PC Windows 10

Ingat, ini bukan aplikasi screenshot laptop bawaan Windows ya. Tetapi aplikasi screenshot pihak ketiga yang bisa diinstal di Windows 10.

Yang menonjol/ kelebihan utama aplikasi ini adalah aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur icon menarik yang bisa ditambahkan di objek hasil screenshot.

Fitur-fitur tambahannya seperti icon panah, gambar balon, sistem numbering otomatis.

Terutama fitur sistem numbering otomatis ini, sangat berguna bagi Anda yang menggunakan screenshot untuk tujuan menjelaskan sebuah tutorial. Yang biasanya ada step by step langkah-langkah tutorial yang harus diikuti.

Lightshot Screenshot – Aplikasi Screenshot Laptop/ PC Semua OS

Aplikasi screenshot di laptop yang cukup powerfull dan banyak penggunanya adalah aplikasi ini, Lightshot Screenshot.

Kenapa aplikasi ini banyak penggunanya ?

Berikut 3 alasan utama kenapa Lighshot Screenshot banyak digunakan oleh para pengguna laptop..

  1. Aplikasi sangat ringan, file installer hanya sebesar 2.65 MB. File sebesar ini tentu sangat super ringan.
  2. Bisa diinstall di manapun. Aplikasi ini bisa diinstall di manapun, baik laptop Windows, Mac ataupun Linux. Juga bisa diinstall di berbagai browser, seperti Chrome dan Firefox.
  3. Penggunaan Sangat Simpel dan Fleksibel. Penggunaan aplikasi ini begitu mudah, bahkan bagi orang awam sekalipun, cukup belajar  sekitar 10 menit, sudah bisa menggunakannya dengan mahir.

Meski simple, bukan berarti aplikasi ini fungsinya terbatas. Aplikasi ini didukung berbagai fitur tambahan yang sangat useful, sehingga Anda bisa melakukan screenshot berbagai mode dengan fleksibel.

Aplikasi Screenshot Laptop Yang Saya Rekomendasikan ?

Kelima aplikasi di atas, sama bagusnya. Dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Karena saya yakin, kalian pembaca berasal dari berbagai macam profesi dengan ragam kebutuhan yang berbeda. Jadi terus terang saya tidak bisa memberi satu rekomendasi spesifik yang bisa meng-cover semua kebutuhan pembaca.

Tapi, kalau saya sendiri, sebagai seorang blogger dan desainer grafis yang dituntut kecepatan dan flesibilitas tanpa mengganggu kecepatan laptop, hingga saat ini saya menggunakan lightshot screenshot.

Inilah daftar 5 aplikasi untukscreenshot layar laptop yang bisa Anda pakai secara gratis dengan fungsi yang tetap powerfull, mampu menjawab solusi screenshot di tingkat advance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *