Cara Mendapatkan Makanan Halal Di Bangkok

Kota Bangkok yang merupakan ibukota dari negara Thailand merupakan sebuah kota metropolitan di bagian tengah negara tersebut. Bangkok sebagai ibukota negara memiliki penduduk terbanyak di negeri gajah putih tersebut dengan populasi yang mencapai 8,3 juta jiwa. Selain sebagai ibukota negara, Bangkok juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di kawasan Asia Tenggara.

Ada banyak turis dari berbagai belahan dunia datang dan berlibur ke kota Bangkok yang memiliki beragam hal menarik. Disana terdapat banyak sekali hal-hal unik yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi kota Bangkok. Berbagai jenis wisata bisa ditemukan di Bangkok mulai dari wisata alam, wisata belanja, serta wisata kuliner yang mudah dijumpai disana,

Banyaknya ragam wisata disana membuat berbagai turis dari banyak negara sangat tertarik untuk berlibur di kota Bangkok. Diantara turis-turis tersebut, banyak pula turis muslim yang biasanya sedikit ragu terutama masalah konsumsi selama berlibur di Bangkok. Namun, perlu diingat bahwa Bangkok juga memiliki penduduk muslim sehingga masalah makanan halal bukan hal yang mustahil ditemukan.

Menemukan makanan halal di Bangkok bukan merupakan hal yang sulit karena banyaknya turis dan penduduk muslim disana. Oleh karena itu, banyak tempat makan sudah mengembangkan berbagai menu halal dan menjual makanan halal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan makanan halal di Bangkok yang bisa dilakukan oleh para turis muslim:

Cari Tempat Makan Berlabel Halal

Pertama, untuk mendapatkan makanan halal di kota Bangkok adalah dengan mencari tempat makan yang memiliki label halal. Banyak restoran atau tempat makan di Bangkok memasang label halal dan memiliki sertifikasi halal dari pemerintah sehingga terjamin makanannya. Menu makanan yang disajikan di restoran atau tempat makan berlabel halal ini sudah pasti juga terjamin kehalalanya.

Beli Makanan Instan Yang Memiliki Label Halal

Kedua, jika terlalu lelah mencari tempat makan, ada baiknya berbelanja makanan instan atau siap saji di supermarket atau toko. Ketika membeli makanan instan maupun makanan yang siap dihidangkan, pastikan dahulu terdapat logo atau label halal pada kemasannya. Jika ada logo halal, maka makanan tersebut dipastikan bisa dikonsumsi oleh para wisatawan muslim karena terbuat dari bahan yang halal.

Belilah Makanan di Penjual di Sekitar Masjid

Ketiga, jika sedang berada di luar dan ingin makan di luar, belilah makanan di daerah yang dekat dengan masjid. Masjid di Bangkok berada di kawasan yang banyak ditinggali oleh masyarakat muslim sehingga biasanya penjual makanan di sekitarnya juga muslim. Jenis menu makanan yang dijual oleh para penjual makanan di dekat masjid pun bisa dipastikan adalah makanan yang halal dikonsumsi.

Temukan Penjual Makanan Yang Berjilbab atau Ucapkan Salam

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk mendapatkan makanan halal di Bangkok adalah mencari penjual makanan yang mengenakan jilbab. Biasanya para penjual makanan yang mengenakan jilbab adalah orang Melayu muslim yang berdagang di kota Bangkok dan menyajikan makanan halal. Sedangkan jika penjualnya laki-laki, maka hal yang bisa dilakukan adalah mengucapkan Assalamu’alaikum untuk memastikan penjualnya muslim atau non-muslim.

Pelajari Sedikit Bahasa Thailand untuk Bertanya Langsung

Terakhir yang mungkin cara paling efektif adalah mempelajari sedikit bahasa Thailand agar bisa bertanya secara langsung tentang makanan halal. Perlu diingat bahwa tidak semua orang di Bangkok bisa berbahasa Inggris, karenanya tidak ada salahnya belajar bahasa Thailand. Daripada hanya menduga-duga saja, dengan bertanya secara langsung akan lebih mudah untuk menemukan makanan halal di Bangkok.

Lima cara diatas adalah sebagian dari beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan makanan halal di Bangkok. Namun, biasanya bagi para turis mancanegara bisa juga dengan menggunakan petunjuk yang diberikan dari agen wisata yang mereka gunakan. Biasanya agen wisata akan menawarkan paket wisata Asia tujuan Bangkok dengan berbagai kemudahan termasuk petunjuk tentang makanan halal disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *