Categories
Kesehatan

Jangan Biarkan Gigi Ompong Menghalangi Senyum Anda

Gigi ompong kerap mengusik keyakinan diri.

Bila Kamu mengalaminya, pemasangan gigi tiruan bisa jadi opsi buat mengatasinya.

Dari sekian banyak organ di badan manusia, gigi ialah bagian badan yang sangat keras. Orang berusia biasanya mempunyai 32 buah gigi. Gigi- gigi tersebut berfungsi buat mengunyah santapan serta menolong berdialog.

Metode Menanggulangi Gigi Ompong

Walaupun mempunyai permukaan yang keras, gigi pula dapat terkena penyakit apalagi anda tidak mengenal nutrisi untuk gigi, semacam plak, karies, berlubang, apalagi bertepatan pada sehingga gigi ompong. Keadaan ini kerap membuat banyak orang merasa malu ataupun rendah diri.

Buat menanggulangi gigi ompong, Kamu dapat melaksanakan bermacam perawatan gigi berikut ini:

Memakai gigi palsu

Gigi palsu jadi opsi sangat terkenal buat menutup gigi ompong sebab biayanya yang relatif murah. Tidak hanya itu, gigi palsu pula gampang buat dibersihkan sebab dapat dilepas- pasang. Terdapat 2 tipe gigi palsu yang dapat diseleksi, ialah gigi tiruan lengkap( GTL) serta gigi tiruan sebagian( GTS).

GTL diperuntukan buat mereka yang tidak mempunyai gigi sama sekali, sebaliknya GTS dapat diseleksi oleh mereka yang masih memiliki sebagian gigi natural. Gigi palsu umumnya dibuat dari bahan logam ataupun plastik. Wujudnya juga disesuaikan dengan lengkung rahang serta lekukan gusi penderita supaya cocok di mulut

Gigi palsu sangat dibutuhkan, paling utama bila gigi ompong membuat Kamu kesusahan mengunyah santapan. Tidak hanya itu, gigi palsu pula sanggup menghindari otot- otot wajah mengendur. Sayangnya, gigi palsu gampang rusak ataupun lepas serta bisa jadi perlu lebih kerap ditukar dibanding tipe pengganti gigi yang lain.

Mengenakan implan gigi

Bila merasa tidak aman memakai gigi palsu, implan gigi dapat jadi alternatif dalam menanggulangi gigi ompong, paling utama bila rongga mulut mengecil serta tidak dapat lagi dipasang gigi palsu. Implan wajib disesuaikan dengan wujud mulut serta posisi gigi lain, sama semacam gigi palsu.

Implan dipasang dengan memasukkan sekrup titanium ke dalam tulang rahang guna menyokong gigi palsu, bridge, ataupun crown gigi. Oleh sebab itu, implan umumnya lebih mahal, cuma digunakan buat mengubah satu ataupun sebagian gigi saja serta belum pasti sesuai buat semua

Walaupun begitu, implan mempunyai beberapa keuntungan, misalnya dapat digunakan sepanjang bertahun- tahun serta menolong menghindari rahang mengecil akibat gigi ompong.

Memasang bridge

Bila Kamu tidak sesuai dengan 2 opsi di atas, Kamu dapat melaksanakan bridge buat mengambil alih gigi ompong. Dalam tata cara ini, gigi palsu disangga oleh 2 gigi yang terdapat di sampingnya. Triknya, enamel gigi sebelah kanan serta kiri dari gusi yang ompong dikikis supaya bisa dipasang crown.

Setelah itu, dibuatlah gigi palsu yang diapit oleh 2 crown. Gigi palsu ini kemudian ditempatkan di gusi yang telah tidak terdapat giginya, serta crown dimasukkan ke gigi kiri serta kanan yang telah dikikis enamelnya. Gigi palsu ini dapat terbuat dari emas, logam kombinasi, porselen, ataupun campuran bahan- bahan tersebut.

Bridge dapat bertahan sampai 15 tahun ataupun lebih tanpa butuh ditukar dengan yang baru. Dengan ketentuan, wajib senantiasa melindungi kebersihan mulut dengan baik serta teratur periksakan gigi secara tertib ke dokter gigi.

Buat menghindari supaya gigi tidak ompong, hendaknya Kamu menggosok gigi 2 kali satu hari memakai pasta gigi yang memiliki fluoride, serta menjauhi santapan pemicu gigi berlubang. Yang tidak kalah berarti merupakan teratur mengecek gigi ke dokter gigi. Dengan gigi yang sehat, yakin diri hendak kian bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *