Cara Menggunakan Paris Metro Untuk Bepergian Di Kota Paris

Paris adalah salah satu kota metropolitan terbesar di kawasan Eropa Barat sekaligus ibukota dari negara Perancis. Kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara. Banyak agen tour dan travel yang menawarkan paket wisata Eropa dengan tujuan Paris sebagai salah satu andalannya.

Saat berwisata di kota Paris, ada baiknya untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan transportasi umum yang ada disana. Di kota Paris, ada berbagai jenis transportasi umum mulai dari bus, taxi, dan yang cukup populer adalah metro. Metro merupakan suatu jaringan transportasi massal dengan kereta yang banyak digunakan untuk bepergian di kawasan metropolitan Paris.

Metro di Paris merupakan salah satu jaringan transportasi massal bawah tanah terluas di dunia dengan 301 stasiun. Paris Metro mulai beroperasi dari jam setengah 6 pagi hingga jam 1.15 pagi setiap harinya dari senin sampai minggu. Setiap kereta akan bergantian datang tiap beberapa menit sehingga sangat jarang menunggu kereta selanjutnya lebih dari 5 menit.

Bagi orang yang baru pertama kali mengendarai Paris Metro khususnya wisatawan mancanegara biasanya cukup membingungkan. Oleh karena itu, berikut adalah langkah-langkah atau cara menggunakan Paris Metro untuk berkeliling kota Paris bagi pengguna pertama:

Cari Stasiun Metro Terdekat

Pertama yang harus dilakukan untuk menaiki metro untuk bepergian adalah cari dan temukan stasiun metro terdekat. Ada lebih dari 301 stasiun metro di kota Paris yang terbagi ke dalam 14 jalur metro yang berbeda-beda. Untuk menemukan metro terdekat, tanyalah orang sekitar atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi navigasi online maupun google map.

Beli Tiket Untuk Naik Metro

Kedua, setelah menemukan stasiun metro terdekat dari lokasi anda, maka selanjutnya adalah membeli tiket untuk naik metro. Tiket metro yang ada di stasiun metro bisa dibeli di mesin otomatis atau loket yang memiliki penjaga di dalamnya. Disini, ada dua jenis tiket yang bisa dibeli oleh para pengguna yaitu single tiket dan Navigo Pass.

Gunakan Tiket Untuk Masuk Peron

Ketiga, setelah membeli tiket, gunakan tiket tersebut pada mesin tiket yang menuju ke peron agar bisa masuk ke dalam. Untuk single tiket, masukkan tiket tersebut ke slot di bagian depan mesin dan ambil kembali ketika tiket sudah keluar. Jika menggunakan navigo pass, cukup scan navigo pass pada mesin hingga mesin berbunyi lalu masuklah melewati pintu putar.

Masuk Ke Peron Dan Naik Metro

Keempat, setelah masuk ke peron, ikuti petunjuk yang ada untuk menemukan jalur metro yang sesuai dengan tujuan. Setelahnya, tunggu di jalur metro yang sesuai dengan tujuan anda lalu tunggu beberapa menit hingga metro datang. Ketika metro datang, masuk dan cari tempat untuk duduk atau berdiri dan berpegangan pada tiang atau pegangan atas.

Perhatikan Tujuan Pemberhentian

Kelima, selama perjalanan di dalam metro untuk mencapai tempat tujuan, perhatikanlah tempat pemberhentian selanjutnya sesuai tujuan. Di dalam metro, pemberhentian selanjutnya selalu diberitahu melalui suara otomatis dalam bahasa Perancis dan map yang ada di atap. Pada setiap pemberhentian, akan ada cahaya yang menyala yang menunjukkan di stasiun metro mana kereta atau metro berhenti.

Keluar Dari Kereta Dan Stasiun Metro

Terakhir, setelah metro sampai di stasiun metro tujuan anda, maka pastikan tidak ada barang yang tertinggal lalu keluarlah dari kereta. Saat telah keluar dari kereta dan berada di peron, selanjutnya cari penunjuk arah pintu keluar untuk keluar dari stasiun. Penunjuk arah keluar biasanya tertulis kata Exit atau jika tidak ada, maka carilah tulisan Sortie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *