4 Hal yang Harus Diwaspadai Web Developer

4 Hal yang Harus Diwaspadai Web Developer

4 Hal yang Harus Diwaspadai Web Developer

Merancang suatu web membutuhkan pengorbanan, kreativitas dan ketekunan yang cukup tinggi. Kreatifitas diperlukan untuk mendesain tampilan web supaya bisa menarik banyak orang. Ketekunan juga dibutuhkan supaya saat proses coding, tidak banyak mengalami kesalahan. Terkadang kita sudah membuatnya dengan bagus. Namun, kualitasnya tidak bagus dan tidak sesuai dengan kemauan dari user. Setelah diteliti, ternyata sumbernya adalah dari kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan oleh web developer. Beberapa hal ini adalah jebakan umum yang biasa dijumpai oleh semua web developer, dan perlu diwaspadai. Apa aja?

1. Tidak mengerjakan analisis awal tentang keperluan user dan tidak cukup memahaminya

Web Developer wajib hukumnya untuk mencari data mengenai format atau rancangan web yang diperlukan dan diharapkan oleh user. Ini adalah langkah awal yang paling penting. Penggalian data akan sangat menolong web developer merancang web yang sesuai dengan permintaan user. Seringkali, web developer tidak atau terlalu terburu-buru untuk merancang web, tetapi belum mengerjakan penggalian data untuk user. Atau web developer telah mengerjakan penggalian data, namun tidak cukup memahami dan menganalisa maksud dari kemauan user. Itu sebabnya, tahapan inilah yang akan menjadi pondasi atau dasar yang powerful untuk tahapan berikutnya.

2. Kurangnya interaksi dengan user dan juga anggota tim, seringkali buat salah paham

Sebagai kesebelasan web developer, anda mengemban tanggung jawab besar untuk membuatkan user suatu web yang dibutuhkannya. Maka, untuk membuat hasil web yang baik dan maksimal, dibutuhkan kerjasama antar anggota tim. Kurangnya komunikasi bisa buat adanya mis-kom alias miss comunication. Kalau telah terjadi mis-kom, project juga pasti tidak akan maksimal.

3. Antar anggota dalam kelompok web developer tidak saling musyawarah dan membulatkan visi

Setiap orang tentu mempunyai persepsi, pandangan atau kemauan yang berbeda-beda. Bayangkan saat dalam sebuah tim mempunyai suara yang berbeda-beda dan tidak mencari satu kesepakatan yang diamini bersama. Itu sebabnya, antar anggota dalam kesebelasan web developer perlu bermusyawarah untuk mencapai kesepakatan bersama supaya ide dan arah penciptaan web menjadi selaras.

4. Tidak mengerjakan pengujian manfaat terhadap web yang telah diciptakan a.k.a Testing

Ketika kita sudah berlalu merancang webnya, tidak boleh terburu-buru diberikan kepada usernya. kita wajib memeriksa atau mengerjakan test untuk web yang sudah Anda buat. Apakah letaknya telah sesuai, apakah ada yang tidak cukup apakah ada yang error, dan masih banyak pengecekkan lainnya.

Sumber : A Guideline to Build a Professional Website the Absolute Necessities to Improve Your Business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *