Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Lebih Awet dan Terjaga Dari Kuman

cara membersihkan mesin cuci

Cara membersihkan mesin cuci menjadi keahlian yang harus dimiliki. Dimana seringnya menggunakan mesin cuci bisa membuat mesin cuci menjadi kotor. Hal ini perlu dibersihkan secara berkala untuk menghindari mesin cepat rusak. Selain itu, bisa membuat mesin cuci menjadi bersih yang merupakan sarang jamur yang mengancam kesehatan.

cek juga: jasa bersih rumah tangerang

Cara Membersihkan Mesin Cuci Untuk Lebih Tahan Lama

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung bisa dengan cara menuangkan air panas ke dalam mesin cuci, namun sebelumnya mesin cuci harus dalam keadaan kosong. Kemudian masukkan cuka putih untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari mesin cuci. Kemudian bisa menjalankan mesin cuci sama seperti mencuci pakaian.

Sambil menunggu mesin mencuci bagian tabung, maka bersihkan laci untuk menuang deterjen. Ambil laci tersebut dan rendam dengan menggunakan air hangat. Bisa dengan disikat menggunakan sikat gigi untuk bagian pojok agar semakin memudahkan membersihkannya. Jika pencucian tabung sudah selesai, maka buang larutan air cuka dan dilanjutkan dengan lap yang sebelumnya sudah dibasahi menggunakan air panas.

Usapkan untuk bagian luar dan dalam pintu mesin cuci. Jangan terlupakan untuk membersihkan karet seal yang berada di dalam pintu mesin cuci. Langkah selanjutnya dengan membilas tabung menggunakan air biasa agar sisa-sisa kotoran bisa hilang. Jangan lupa membuang air bekas mencuci tabung.

kunjungi juga: jasa bersih rumah tangerang selatan

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Untuk membersihkan mesin cuci dengan 2 tabung, caranya kurang lebih sama dengan yang satu tabung. Hanya saja, untuk menggunakan cuka dan baking soda. Dengan siklus pencucian tabung selama 30 menit, lalu biarkan air rendaman cuka dan baking soda berada di dalam tabung selama 30 menit sampai satu jam. Baru dibilas untuk menghilangkan aroma cuka dalam mesin cuci.

Jika sudah selesai, maka lap dengan menggunakan air hangat untuk membuang sisa deterjen yang menempel. Untuk membersihkan mesin cuci 2 tabung, cukup dengan menggunakan kain lap air hangat saja. Jangan sampai membersihkan bagian pengeringnya dengan menggunakan air yang justru akan merusak mesin cuci. Beda halnya dengan mesin cuci yang menyediakan mesin pengering yang sekaligus untuk membilas, maka tidak masalah untuk membersihkannya.

Tips Membersihkan Mesin Cuci

Bagi anda pengguna mesin cuci, sebaiknya perlu mengetahui beberapa tips ini agar mesin cuci awet dan bisa bekerja dengan maksimal. Jangan memasukkan pakaian terlalu banyak. Hindari pemakaian deterjen yang banyak sebab bisa merusak mesin cuci. Jadi, gunakan seperlunya saja. Bila perlu, rajin membersihkan filter yang ada di dalam mesin cuci, paling tidak 2 hari sekali.
Jangan menyimpan baju terlalu di mesin cuci.

Jika meninggalkan baju, baik yang basah dan kering di dalam tabung, maka akan muncul bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tersebut, maka harus dicuci ulang. Merepotkan bukan? Untuk itu, segera angkat pakaian yang telah dicuci dan jangan memasukkan baju ke dalam mesin cuci ketika tidak mencuci. Cara membersihkan mesin cuci ini bisa menjaga mesin cuci lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *