Pengertian Sales dan Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Sales dan Marketing Menurut Para Ahli

Berikut Pengertian Sales dan Marketing Menurut Para Ahli dari Berbagai Bidang – Ada perbedaan mengenai pengertian sales dan marketing. Para ahli memilah keduanya dalam artian yang berbeda, tujuan yang berbeda serta tugas yang masing-masing yang tidak sama.

Pengertian sales dan marketing menurut para ahli ditemukan beberapa definisi yang bisa berlaku di masyarakat. Sales dikemukakan pengertiannya oleh beberapa pakar yang berlatar belakang dari berbagai bidang keahlian.

Pengertian Sales Menurut Moejikat

Menurutnya, sales merupakan kegiatan yang bertujuan mencari pembeli, mempengaruhi, dan memberi arahan supaya pembelian bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan produk yang ditawarkan.

Pengertian Sales Menurut Basu Swastha

Sales menurut Basu Swastha termasuk seni dan ilmu mempengaruhi pribadinya sebagai penjual untuk membujuk konsumen minat membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Pengertian Sales Menuru Kusnadi (2000:19)

Termuat dalam buku karangannya yang berjudul ‘’Buku Akuntansi Keuangan’’. Menuru Kusnadi mengemukakan bahwa sales ialah besaran uang yang dibebankan kepada konsumen atas barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.

Pengertian Sales Menurut Willian G. Nickles (1998:10)

Tidak jauh beda dengan pengertian sales yang dikemukakan Menurut Moejikat yang mana sales bertujuan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen.

Menurut Willian G. Nickles juga demikian, yang mana sales merupakan suatu proses memuaskan kebutuhan sekaligus keinginan konsumen supaya tercapai keuntungan bagi penjual maupun pembeli dalam waktu panjang.

Pengertian Sales Menurut Assuari (2004:5)

Pengertian sales yang dikemukakan Assuari juga menjadi letak perbedaan pengertian sales dan marketing menurut para ahli dari berbagai bidang. Di mana sales merupakan suatu aktivitas penjual yang memberikan petunjuk untuk mengakomodasikan, serta memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran atau transaksi. Sedangkan kerja seorang marketer sendiri tidak langsung melakukan proses pertukaran dengan pembeli.

Sementara pengertian marketing menurut para ahli juga terdapat beberapa definisi yang di antara pendapatnya tidak jauh berbeda, sama dengan pengertian sales tadi. Pengertian marketing dikemukakan oleh beberapa ahli berikut:

Jay Abraham

Jay Abraham menyatakan kesuksesan marketing adalah ketika seorang marketer sudah tampak baik di hadapan pelanggannya.

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, marketing merupakan aktivitas sosial dan manage yang dikerjakan oleh individu maupun tim agar memperoleh apa yang diharapkan dengan memproduksi sebuah produk kemudian menukarnya dengan nominal tertentu kepada orang lain atau pembeli.

Tung Desem Waringin

Pakar ini mengemukakan pengertian marketing dengan kesimpulan yang dinyatakan sebagai suatu kegiatan mengkomunikasikan suatu nilai tambah yang lebih tinggi dari pada hasil produksi yang ditawarkannya.

Laksita Utama Suhud

Laksita Utama Suhud menyatakan, Marketing merupakan segala usaha yang harus dijalankan supaya dapat membangun sebuah bisnis atau usaha selalu berprogres atau lebih baik di kalangan pasar dibanding bisnis pesaing lainnya.

John Westwood

John Westwood memberikan pengertian marketing sebagai sebuah kombinasi usaha untuk mencapai terpenuhinya semua kebutuhan pelanggan dengan menguntungkan.

Bagozzi

Menurut Bagozzi, marketing bisa disimpulkan sebagai sebuah aktivitas bisnis yang memungkinkan terjadinya pertukaran atau transaksi antara antar individu atau individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Dari pengertian sales dan marketing menurut para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa sales merupakan sebuah kegiatan penjualan dengan strategi-strategi tertentu untuk membangun minat konsumen atau calon konsumen dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhannya.

Sedangkan marketing, hanya sebatas tindakan proses pemasaran yang dijalankan dengan strategi-strategi tertentu untuk mencapai target penjualan produk atau jasa perusahaan tanpa melakukan pertukaran secara langsung dengan konsumen.

Referensi: https://chokingman.com/tugas-marketing/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *