BERBAGAI MANFAAT TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Sekarang saya akan membahas begitu banyak manfaat dari adanya Teknologi. Istilah “Teknologi” berasal dari kata Yunani, yakni “techne” yang berarti “kerajinan” dan “logia” berarti “studi mengenai sesuatu”. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi :

  1. Manfaat Teknologi dalam Bisnis
    Teknologi saat ini adalah bagian integral dari bisnis apapun langsung dari pembelian komputer dan perangkat lunak untuk pengamalan jaringan dan perangkat keamanan. Hal ini membantu perusahaan untuk:
     Tetap up-to-date
     Bisnis perjalanan lebih maju
     Mempertahankan dan bertahan kompetisi
    Singkatnya, teknologi sudah menjadi salah satu hal penting yang memaksimalkan kinerja dalam organisasi bisnis.
  1. Manfaat Teknologi Komunikasi
    Dari komputer, tablet, hingga ponsel layar sentuh, peradaban teknologi di bidang komunikasi tidak terbatas. Sarana dan mode komunikasi yang tak terbatas. Beberapa manfaat dari peradaban teknologi di bidang komunikasi adalah:
     Kecepatan: waktu tidak lagi menjadi tantangan dalam komunikasi
     Kejelasan: Dengan gambar megapixel dan video, serta kejelasan audio dalam komunikasi sudah menjadi empiris yang tidak pernah ada sebelumnya
     Kedekatan: peradaban teknologi sudah membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil untuk ditempati.
     Penyebaran: penyebaran informasi, penyiaran berita, atau berbagi pengetahuan, teknologi sudah membuatnya menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih singkat.
  1. Manfaat Teknologi dalam Pendidikan
    Kemajuan teknologi di bidang edukasi yang cepat berkembang. Saat ini, e-learning adalah istilah yang akrab dan populer. Beberapa manfaat teknologi dalam bidang ini
     Pengalaman belajar Personal: Peserta didik dapat mengendalikan dan mengelola pembelajaran mereka sendiri. Mereka memutuskan tujuan mereka sendiri, mengelola proses dan isi pembelajaran, dan berkomunikasi dengan rekan-rekan.
     Tanggapan langsung: Kebanyakan program e-learning memberikan masukan langsung pada evaluasi peserta didik. Demikian pula ada fitur seperti chat, forum diskusi, e-library, dll yang memungkinkan klarifikasi pada kecepatan yang lebih cepat daripada di ruang belajar tradisional.
     Self-tanggung: Peserta didik bisa memetakan program dengan tahapan mereka sendiri. Hal ini meyakinkan tingkat semangat yang lebih tinggi baik dari sisi menyelesaikan tugas serta kinerja.
     Akses yang lebih besar: peradaban teknologi sudah membuka edukasi untuk peserta didik dengan ketidakmampuan belajar dan di tempat terpencil.
    Ada pun untuk :
    · Perpustakaan online
    Perpustakaan online adalah perpustakaan yang ada di dunia maya, dengan ini anda tidak usah repot-repot lagi untuk pergi ke perpustakaan yang mungkin jauh dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa mengaksesnya melalui smartphone. Untuk anda yang mahasiswa, fitur ini mungkin salah satu yang anda tunggu-tunggu. Karena dengan perpustakaan online ini anda bebas mencari buku yang anda mau untuk mengerjakan skripsi atau makalah kamu.
    · Diskusi online
    Bagi anda yang suka berfikir, atau ingin mengeluarkan pendapat kamu, untuk teknologi komunikasi yang ini pastinya sangat bermanfaat sekali buat kamu. Karena di diskusi online ini anda bebas sekali mengeluarkan unek-unek kamu. Kamu bebas bertukar pengetahuan dan pendapat di sini. Kamu juga dapat bertemu dengan orang-orang jauh di sini, contohnya saja dari luar wilayah atau bahkan dari luar negeri. Tentunya informasi-informasi yang mereka bawa akan menciptakan pengetahuan kamu semakin luas dan tajam. Kamu juga bisa mengetahui begitu banyak model diskusi di dunia.
    · Berbagai hasil penelitian
    Dengan mengakses fitur yang disediakan dari manfaat teknologi komunikasi ini, anda akan dimanjakan dengan hal-hal yang anda belum ketahui sebelumnya. Kamu dapat melihat begitu banyak penelitian-penelitian yang ada di Indonesia bahkan di dunia.
  1. Manfaat Teknologi di Kesehatan
    Penggabungan antara obat-obatan dan teknologi telah mengolah wajah kesehatan dan merevolusi profesi medis. Beberapa manfaat utama merupakan:
     Ramah lingkungan: Teknologi memungkinkan dokter dan pasien untuk berinteraksi dalam lingkungan yang aman dan nyaman untuk membicarakan isu-isu sensitif.
     Fleksibilitas: Dokter bisa membalas pertanyaan teratur dan kurang kritis pada waktu yang tepat.
     Biaya- dan menghemat waktu: Dokter dapat ikut memberikan saran, dengan cara berkomunikasi lewat internet dengan pasiennya. Cara ini menghemat biaya dan waktu dengan mengurangi traffik ke klinik.
     Perangkat medis: alat bantu medis memungkinkan pasien untuk melanjutkan pemulihan di tempattinggal sehingga meminimalisir mereka untuk bermukim di rumah sakit.
     Rentan Populasi: Teknologi membantu pasien muda, orang tua, dan cacat bermunculan yang kompleks, penyakit kronis, dan anak-anak cacat, dengan meminimalisir masalah mereka sehingga mereka bisa terus hidup di tempat tinggal mereka
  1. Manfaat Teknologi di Masyarakat
    Teknologi saat meliputi hampir semua aspek kehidupan kita keseharian dari belanja, perbankan, menciptakan pengaturan perjalanan hingga penerimaan pada universitas. Beberapa manfaat adalah:
     Kenyamanan: Menyediakan banyak kemudahan dalam memperlancar transaksi individu dan bisnis baik itu belanja, perbankan, atau hanya membayar tagihan.
     Kecepatan: Dari mengirim hadiah hingga melakukan pembayaran semuanya akan dilakukan dengan beberapa klik.
     Komunikasi: Dunia adalah tempat yang lebih kecil dan teknologi memungkinkan semua orang untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman mereka dengan biaya yang lebih terjangkau.
     Akurasi: Teknologi sudah mengurangi kekeliruan dalam tugas-tugas keduniaan yang monoton, menghemat waktu dan biaya.
     Pembangunan: Teknologi telah membawa pembangunan di begitu banyak bidang seperti kedokteran, pemerintahan, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.
  1. Manfaat IT guna Kehidupan Sehari Hari
    Dalam kehidupan sehari hari IT memang memegang peranan penting tidak mengenal dan ada batasan usia, IT menjadi sebuah hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. IT menjadi bahan utama dalam sekian banyak kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar mengajar, dan pekerjaan lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat IT untuk kehidupan sehari hari yang anda perlukan atau yang anda alami sendiri.
  • Menambah ilmu pengetahuan.
  • Mempermudah menggarap tugas sehari hari.
  • Lebih praktis
  • Menambah jaringan teman.
  • Mendapatkan informasi secara cepat dan mudah.
  1. Mendidik masyarakat
    Dengan manfaat teknologi komunikasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat, secara tidak langsung akan mendidik masyarakat karena ada banyak informasi di dalamnya. Contohnya dengan membuka Youtube dan lainnya. Dan dengan teknologi-teknologi ini masyarakat akan terdidik untuk dapat menggunakannya, sehingga tidak canggung oleh hal yang baru.
  1. Menghibur Masyarakat
    Dengan adanya teknologi canggih saat ini, masyarakat menemukan hiburan-hiburan mereka. Khususnya untuk yang bekerja di kantoran dan sibuk dengan kerjaan mereka dan tidak ada waktu untuk mencari hiburan. Hal ini tentunya sangat membatu, dengan hanya mengakses Youtube saja mereka akan dapat menikmati hiburan-hiburan mereka melalui smartphone mereka.

Tips Pemanfaatan IT
Pemanfaatan IT harus secara bijak dan di Indonesia sendiri telah ditata oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku melalui UU ITE. Perkembangan di antara produk IT, seperti Internet menjadikan anda harus waspada. Manfaat internet memang cukup besar untuk sektor kehidupan, tetapi ada pun dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab, yang dengan kata lain kita harus lebih waspada.
Pastikan kamu memanfaatkan IT untuk hal-hal yang positif dan jangan pernah mengupayakan menyelewengkan keunggulan yang kamu miliki melalui teknologi dengan merugikan atau mencelakai orang lain. Gunakan dan manfaatkan secara bijak untuk masa depan dan kehidupan sehari hari anda. Berikut adalah tips memanfaatkan IT.

  • Bimbing anak kamu dalam pemakaian perangkat IT khususnya internet
  • Gunakan untuk hal yang positif
  • Analisis terlebih dahulu baru memakai secara permanen
  • Tidak memakai untuk hal hal berbau negatif

Bagaimanapun setiap pertumbuhan teknologi Informasi harus anda saring dari posisi positifnya, buang peran negatifnya untuk hal yang tidak diperlukan atau bahkan membahayakan kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *