Teknik – Teknik Pottery Yang Dapat Anda Pelajari Di Wisata Alam Kopeng Treetop

pottery di wisata alam kopeng treetop adventue park

pottery

Pottery atau Gerabah merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat. Anda dapat dengan mudah menemukan penjual gerabah di pasar – pasar tradisional. Tanah liat yang digunakan disini bukan merupakan tanah liat biasa. Sebelum membuat gerabah, tanah liat harus diproses terlebih dahulu dalam beberapa tahapan. Selain itu, digunakan juga bahan tambahan lain, yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah siap ini kemudian dibentuk dengan tangan langsung maupun menggunakan alat putar dengan teknik – teknik yang beragam. Bentuk gerabah sendiri disesuaikan dengan fungsi benda tersebut ketika digunakan. Contohnya saja gerabah yang digunakan sebagai alat masak seperti belanga atau periuk, digunakan untuk menyimpan beras atau air seperti tempayan, dan ada juga yang digunakan sebagai hiasan seperti vas bunga atau guci.

Untuk dapat menghasilkan gerabah yang berkualitas diperlukan teknik yang benar atau sesuai pula. Setiap teknik memiliki tingkat kesulitan yang berbeda – beda. Apabila anda mau belajar dengan giat, anda nantinya dapat membuat gerabah dengan cepat dan mudah. Nah, bagi anda yang ingin mempelajari cara membuat pottery atau gerabah ini, Kopeng Treetop Adventure Park menyediakan paket belajar pottery dengan teknik yang beragam. Teknik – teknik tersebut diantaranya :

1.Teknik Menet

Teknik pottery atau gerabah pertama yang dapat anda pelajari di Kopeng Treetop Adventure Park adalah teknik menet. Teknik menet merupakan teknik pembuatan gerabah dengan menekan tanah liat yang akan dibentuk pada cetakan pilihan anda. Teknik yang satu ini dilakukan untuk dapat menghasilkan hasil yang rapi dengan waktu yang cepat. 

2.Teknik Kolling

Teknik selanjutnya yang dapat anda pelajari di Kopeng Treetop Adventure Park adalah teknik kolling. Teknik kolling merupakan teknik pembuatan keramik secara manual tanpa menggunakan bantuan alat apapun. Jadi, anda dapat membuatnya dengan tangan anda sendiri menyesuaikan dengan bentuk yang anda inginkan. Teknik yang satu ini memang lebih sulit, tetapi dengan menggunakan teknik ini anda dapat berkreasi sesuai dengan bentuk yang anda inginkan.

3.Teknik Piching

Teknik berikutnya adalah teknik piching. Teknik piching merupakan cara membuat gerabah dengan bentuk dasar tanah liat dipilin atau dibentuk seperti tali. Cara melakukan teknik ini adalah dengan membentuk segumpal tanah menjadi pilinan menggunakan kedua tangan anda. Untuk ukuran dan panjang dari pilinan sendiri anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran yang anda inginkan. Setelah itu, susun pilinan – pilinan tersebut melingkar sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Kemudian, anda dapat menekan tiap susunan dan menambahkan sedikit air supaya tiap susunan dapat menempel.

4.Teknik Putar

Teknik terakhir yang dapat anda pelajari di Kopeng Treetop Adventure Park adalah teknik putar. Untuk melakukan teknik yang satu ini anda perlu menggunakan alat bantuan berupa alat putar elektrik atau subang pelarik. Cara melakukan teknik yang satu ini adalah dengan mengambil segumpal tanah liat dan meletakkannya tepat di bagian tengah. Setelah itu, anda dapat menekan tanah liat tersebut sambil memutar alasnya dengan bantuan alat putar elektrik. Bentuklah tanah liat tersebut sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Umumnya, teknik putar ini menghasilkan benda – benda dengan bentuk silinder atau bulat.

Itulah beberapa teknik pottery yang dapat anda pelajari di wisata alam Kopeng Treetop Adventure Park. Selagi mempelajari cara membuat gerabah, anda juga dapat menambah teman – teman baru disana. Jadi, bukan hanya mendapatkan ilmu baru mengenai pottery, anda juga dapat mengenal lebih banyak orang dan belajar untuk lebih bersosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *