Game Sepakbola Yang Sempat Populer Di Playstation

Game Sepakbola Yang Sempat Populer Di Playstation

Playstation adalah konsol game yang sangat populer di Indonesia, mulai dari PS1/PSX, PS2, PS3 dan terakhir PS4. Ini bisa dilihat dari menjamurnya rental PS bahkan sampai ke daerah-daerah. Dan dapat dipastikan, game yang paling banyak dimainkan adalah Game Sepak Bola. Di mana sekarang ini hanya ada dua kutub, yakni PES (Pro Evolution Soccer) dan FIFA. Tapi tahukah Anda, ada beberapa game sepakbola lainnya yang cukup menarik dimainkan? Berikut ini daftarnya :

Super Shot Soccer (2001)

Sekilas Game Bola ini sama dengan game sepakbola biasa. Tetapi tunggulah saat bar yang ada di bawah nama pemain terisi penuh, maka pemain yang bersangkutan bisa mengeksekusi suatu gerakan spesial yang layaknya film ‘Shaolin Soccer’. Ada 30 negara yang dapat dipilih, tanpa ada pilihan klub. Setiap timnas dapat mengerjakan gerakan spesial. Sebuah konsep menarik yang sukses dibuat menjadi game dengan baik oleh Tecmo sehingga game ini begitu menyenangkan.

This is Football (1999)

Sony Computer ternyata tidak mau kalah dalam berkancah di dunia game sepakbola dengan merilis ‘This is Football’. Gameplay ini sangat mudah dikuasai dan kontrol pemain yang luwes. Grafisnya juga menarik dengan gerakan pemain yang halus. Ditambah efek suara di stadion yang sangat serupa dengan aslinya. Ada 10 liga top Eropa dan 10 turnamen antar negara yang dapat diikuti dengan nama pemain dan klub yang mendapat lisensi dari FIFPro.

Libero Grande (1998)

Berbeda dengan game sepakbola selama ini dimana anda akan memainkan suatu tim dengan menggerakkan pemain yang berbeda-beda, game ini menawarkan konsep yang menarik. Kita hanya akan menggerakkan seorang pemain dilapangan, tanpa ada manual atau mengubah kursor. Konsep ini diterjemahkan ke dalam game dengan baik oleh Namco, diperbanyak dengan grafis yang unik dan efek suara pertandingan yang bagus sehingga membuat kita benar-benar menikmati rasanya menjadi pemain.

Captain Tsubasa J: Get in the Tomorrow (1995)

Meskipun menggunakan platform 32 bit, ternyata game ini masih setia dengan tampilan 2.5 D, dengan kata lain tanpa polygon sama sekali. Mungkin dikarenakan supaya tetap bernuansa anime. Tapi memang memainkan game ini seperti menyaksikan anime Tsubasa, menyeluruh dengan teriakan dan tampilan wajah pemainnya sehingga ada kejadian tertentu. Bahkan setiap pemain bisa melakukan gerakan spesial setelah menjangkau syarat tertentu dengan efek dan animasi slow motion seperti anime-nya.

ESPN MLS Gamenight (2000)

Game ini memang seri sah dari International Superstar Soccer Pro Evolution (versi barat dari Winning Eleven 4). Jadi game ini tidak ubahnya Winning Eleven 4 dengan peningkatan 12 klub dari Major League Soccer dengan tampilan menu dan musik yang baru.

Backyard Soccer (2001)

Bosan dengan game sepakbola dengan klub atau timnas? Cobalah game ini. Kita akan mengawali game dengan klub skala junior, selevel dengan klub-klub amatir di level sekolah. Bahkan arena pertandingan bukanlah stadion besar tetapi lapangan di luar kota, bahkan di jalanan. Tetapi ini bukan street soccer, sebab game ini ada tingkatan karirnya layaknya liga profesional. Jika karir klub mulus akan naik ke divisi atas. Grafisnya 2D dengan nuansa film kartun anak-anak.

International Superstar Soccer 2000 (2001)

Game ini tadinya diluncurkan untuk Nintendo 64 tahun 2000 kemudian diporting ke PSX satu tahun kemudian. Meskipun portingan namun grafis game ini cukup halus. Gerakan pemain terasa kaku dan tidak cukup luwes diperbanyak AI kesebelasan yang tidak responsif. Bahkan AI musuh juga kurang pintar sehingga mudah dimasuki oleh solo run. Begitu juga dengan sound effect stadion yang terasa seadanya minim penonton.

David Beckham Soccer (2001)

Game ini termasuk biasa, bahkan mungkin buruk. Grafisnya sangat standar dengan gerakan pemain yang kaku. Bahkan AI pemain satu tim termasuk buruk sehingga strategi yang dirancang sering tidak berjalan, walaupun ada 4-5 pemain di kotak pinalti bisa dapat dengan mudah dijebol oleh striker yang solo run. Tetapi yang istimewa adalah fitur training bareng Beckham. Sang mega bintang akan menemani kita berlatih khususnya tendangan bebas yang menjadi keahliannya. Selain itu ada menu “The Beckham Story” yang adalah biografi pendek Beckham. Memang bukan game yang istimewa, tetapi untuk penggemar Beckham, sesuai untuk dijadikan koleksi.

Michael Owen’s World League Soccer 99 (1999)


Ada lebih dari 200 klub dan timnas yang bisa dipilih yang sayangnya tidak berlisensi, dengan kata lain nama-nama pemain adalah plesetan seperti Beckham jadi Becker, Ronaldo jadi Rinaldo, dsb. Gameplay dari game ini cukup mudah dikuasai walau barangkali perlu waktu. Grafisnya lumayan bagus pada jamannya dan rinci gerak pemain yang natural. Hanya saja AI pemain lainnya di game ini sangat buruk, anda tidak akan dibantu pemain satu tim untuk merebut bola, mereka hanya akan diam atau bergerak tak tentu arah.

Striker Pro 2000 (2000)

Ada 130 klub top Eropa dan sudah mendapat lisensi dari UEFA. Yang menarik. Kita bisa mengatur tampilan apparel semua pemainnya, seperti mengubah warna jersey dan sepatu. Grafisnya cukup bagus dan gerakan pemainnya tampak natural. Hanya saja hal itu dirusak oleh A.I pemain yang tidak responsif dan diperparah dengan absennya tombol manual switching, sehingga kursor akan otomatis berganti ke pemain yang sangat dekat dengan bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *