Cara Bikin Bubur Sumsum yang Nikmat dan Juga Wangi

cara bikin bubur sumsum

 Hai sobat mimin yang budiman, pada hari ini mimin bakalan membahas mengenai resep baru lagi nih yang tentunya nggak kalah menarik yaitu Cara Bikin Bubur Sumsum yang Nikmat dan Juga Wangi. Selain rasanya yang wangi bubur sumsum juga terkenal akan rasanya yang manis dan juga sebagai makanan tradisional yang terkenal di wilayah nusantara sob. Oleh karena itu makanan yang satu ini sangat istimewa dan sangat enak rasanya.

Bubur Sumsum merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia Malaysia dan juga Brunei Darussalam yang biasanya juga kita temui di wilayah Asia Tenggara lainnya. Makanan ini sering dijumpai di berbagai negara di wilayah Asia Tenggara. 

Karena kita memiliki Rumpun yang sama sehingga budaya yang kita miliki pun juga tidak jauh berbeda. Namun di setiap negara memiliki ciri khas masing masing. Oleh karena itu bisa kita beda kan dari segi cara memasaknya rasanya hingga Tekstur membuatnyapun mungkin ada perbedaan yang signifikan. 

Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus tetap melestarikan makanan ini agar tidak diambil oleh bangsa lain. Lain. Bubur Sumsum merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia Malaysia dan juga Brunei Darussalam yang biasanya juga kita temui di wilayah Asia Tenggara lainnya. 

Makanan ini sering dijumpai di berbagai negara di wilayah Asia Tenggara. Karena kita memiliki Rumpun yang sama sehingga budaya yang kita miliki pun juga tidak jauh berbeda. Namun di setiap negara memiliki ciri khas masing masing. 

Oleh karena itu bisa kita beda kan dari segi cara memasaknya rasanya hingga Tekstur membuat nya pun mungkin ada perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus tetap melestarikan makanan ini agar tidak diambil oleh bangsa lain. 

Kita harus turut melestarikan nya dengan cara tetap mengetahui cara membuat nya atau paling tidak kita mengerti bagaimana wujud dari bubur Sumsum tersebut.

Cara Bikin Bubur Sumsum yang Nikmat dan Juga Wangi

 Sehingga kita bisa bercerita kepada anak cucu kita nanti di masa depan. Cara membuatnya tidak susah dan juga tergolong mudah bagi Mimin. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan dengan cara yang se singkat singkat nya
selain caranya mudah kita juga bisa menjadikannya sebagai referensi makanan yang sangat enak. Karena makanan yang ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat umum kita jumpai. Terutama di wilayah pulau Jawa. 
Di pulau Jawa sendiri biasanya bubur Sumsum digunakan untuk merayakan acara syukuran. Cara merayakan nya pun biasanya orang orang Jawa akan memberikan pesan kepada orang orang sekitarnya seperti tetangga, saudara, kerabat dan orang orang lain paling dekat di sekitarnya. 
Hal tersebut merupakan wujud syukur dan rasa puji syukur kepada Tuhan Yang Maha esa akan berkah yang telah diberikan kepada orang tersebut.

Bahan Bubur Sumsum

Oleh karena itu bubur Sumsum memiliki filosofi yang baik yaitu bersyukur pada yang kuasa. karena memiliki filosofi yang baik maka makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang cocok dilestarikan dan harus di jaga eksistensi nya di kalangan masyarakat Indonesia. 


Karena sangat rugi sekali jika kita tidak mengenal makanan ini di masa depan. Karena makanan yang satu ini merupakan makanan khas Indonesia jadi kita sebagai orang Indonesia tidak boleh lupa dengan sejarah kita. 


Kita pun juga harus mencintai tradisi kita seperti contohnya filosofi bubur Sumsum ini merupakan tradisi bersyukur oleh masyarakat Jawa yang kini juga diterapkan di negara negara lain seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Oleh karena itu makanan ini memiliki sifat dan filosofi yang baik sehingga patut untuk dilestarikan agar tidak punah di masa depan
Perhatikan bahan bubur sumsum berikut ini:

  • seperempat sendok teh garam;
  • 50 gram tepung beras;
  • 2 lembar daun pandan;
  • 600 mililiter santan (dari 1/3 bagian kelapa);

Bahan Kuah Kinca

  • 160 mililiter air;
  • 160 gr gula merah;
  • 2 sendok teh gula pasir.

Langkah Bikin Bubur Sumsum

bubur Sumsum memiliki rasa yang manis, aroma yang wangi, dan juga Tekstur yang lembut dan sedikit ber air. Memang makanan ini merupakan makanan yang segar apalagi jika kita menikmatinya dalam kondisi hangat. Siraman santan dan gula merah nya sangatlah menggugah selera. 


Sehingga kita tidak bisa berhenti untuk terus mencicipi dan memakannya.  Namun perlu diketahui bahwa saos siramannya itu terbuat dari santan alami dan juga gula merah yang di rebus menjadi cair. Oleh karena itu makanan yang satu ini merupakan makanan istimewa.

Bubur sumsum juga sangat nikmat apabila dinikmati dalam kondisi hangat. Jika sobat ingin menghangatkan bubur sumsum yang sudah dingin jangan khawatir karena hal tersebut sangat bisa. Sobat bisa menggunakan alat penghangat makanan yang sangat cocok digunakan untuk membuatnya lebih nikmat.


Silahkan sobat lihat tahapan membuat Bubur Sumsum yang Nikmat dan Juga Wangi di bawah ini :

  1. Pisahkan 2 bagian santan, 1 bagian santan dan 1 lembar daun pandan dan garam
  2. Campur bagian kedua dari santan dengan bihun dan aduk rata hingga tidak ada pasta
  3. Setelah kelapa bagian pertama direbus, kecilkan api, tambahkan bagian kedua adonan santan, terus diaduk hingga bulirnya pecah, matikan api
  4. Membuat Bumbu Jinka: Rebus semua bahan hingga mendidih, kemudian matikan panci dan saring
  5. Bilas bubur dengan saus kinca dan kemudian bisa sobat sajikan selagi hangat lebih nikmat

Kalau sobat rasa buburnya terlalu kental, silahkan sobat tuangkan air panas dari termos air panas agar teksturnya lebih sempurna ketika dituangkan air panas.

Tentang Bubur Sumsum

Selain tradisional makanan ini juga menjadi ciri khas di Jawa sebagai makanan syukuran atau dalam bahasa Indonesia yaitu bersyukur akan suatu berkah yang telah diterima oleh seseorang. Sungguh Indah sekali Filosofi makanan ini di kalangan masyarakat Jawa bahkan di wilayah Asia Tenggara. 

Tidak bisa dipungkiri memang bubur ini juga dijual di pinggir jalan namun rasanya kurang Afdol ketika kita bisa membeli tapi kita tidak mengetahui cara membuat nya. Kita setidaknya harus mengetahui bagaimana cara membuatnya. Karena makanan ini merupakan salah satu icon dari masyarakat Jawa yaitu terimo in pandum menerima mensyukuri dan terus berjuang.

Bubur ini juga sangat nikmat apabila kita menikmatinya bersama taburan parutan kelapa, karena di beberapa daerah yang juga menyajikan bubur sumsum bersama parutan kelapa yang rasanya semakin wangi dan memiliki cita rasa khas nusantara yang rasanya enak sekali.

Resep yang satu ini merupakan resep yang fleksibel sehingga sobat bisa mengembangkan sendiri resepnya sesuai selera sobat semuanya ya sob. Misalnya sobat mau menambahkan gula merah ya silahkan dikembangkan saja sesuai keinginan sobat semuanya karena resep ini sangat fleksibel dan cocok dikembangkan

Sekian sobat artikel kali ini, terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa menjadi referensi memasak sobat. Sekian, sampai bertemu di artikel selanjutnya ya sobat semuanya.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *