Keuntungan Dilakukannya Sistem Pelatihan Karyawan Baru

pelatihan karyawan

Apabila anda diberikan kepercayaan oleh perusahaan untuk melakukan proses recruitment untuk mencari karyawan – karyawan baru, pelatihan karyawan dapat menjadi hal yang rumit. Hal ini tidak akan terjadi apabila pelatihan karyawan baru dilakukan dengan koordinasi yang teratur. Umumnya, sistem pelatihan karyawan ini perlu dilakukan untuk para karyawan baru maupun karyawan – karyawan yang telah lama bekerja di perusahaan. Tentunya pelatihan yang diberikan akan berbeda. Untuk para karyawan baru biasanya akan diajarkan mengenai pengetahuan – pengetahuan dasar, keterampilan dasar, dan cara kerja yang diterapkan di perusahaan. Sedangkan untuk para karyawan lama, biasanya pelatihan ini berupa pengembangan pengetahuan dan keterampilan mengenai teknologi – teknologi baru yang digunakan.

Adanya sistem pelatihan karyawan ini sangatlah penting. Hal ini karena sebuah perusahaan tentunya membutuhkan karyawan yang dapat bekerja dengan kompeten, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya saat melakukan tugasnya masing – masing. Dengan kemampuan karyawan yang berkualitas, tentunya perusahaan akan semakin berkembang menjadi lebih maju dan dapat bersaing dengan perusahaan – perusahaan lawan. Maka dari itu, sistem pelatihan karyawan ini merupakan hal penting yang perlu untuk dilaksanakan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keuntungan – keuntungan yang akan didapatkan dari dilaksanakannya sistem pelatihan karyawan, khususnya untuk karyawan baru. Simaklah penjelasannya berikut ini !

Tujuan Dilakukannya Pelatihan Karyawan

pelatihan karyawan

Sebelum membahas mengenai keuntungan – keuntungan yang akan didapatkan dari dilaksanakannya sistem pelatihan karyawan, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tujuan dilakukannya pelatihan karyawan. Secara umum, tujuan dilakukannya pelatihan karyawan diantaranya :

1. Knowledge → Para karyawan diharapkan akan mendapatkan pengetahuan yang cukup supaya dapat menjalankan tugasnya dengan baik

2. Skill → Para karyawan diharapkan mampu melakukan tugasnya masing – masing sesuai dengan penempatan penugasan yang telah ditentukan

3. Attitude → Para karyawan diharapkan dapat minat dan kesadaran mengenai tugas – tugas apa yang harus dilakukan

Keuntungan Dilakukannya Sistem Pelatihan Karyawan Untuk Karyawan Baru

  1. Banyak ide – ide baru

Karyawan – karyawan baru dapat menjadi sebuah aset yang penting bagi anggota tim perusahaan. Karyawan – karyawan baru ini dapat diumpamakan sebagai sepasang mata yang masih segar. Terdapat sebuah pengalaman dari seorang karyawan, karyawan lama ini baru saja selesai mengajarkan hal – hal dasar mengenai proses pengolahan secara manual. Setelah selesai pelatihan, seorang karyawan baru menyarankan untuk merapikan data dengan menggunakan excel agar nantinya dapat dicek datanya setiap bulan. Dengan adanya ide ini, anggota tim akan lebih menghemat banyak waktu. Jadi, pelatihan karyawan baru dapat memberikan ide – ide baru yang fresh bagi anggota tim.

  1. Menghindari terjadinya kesalahan atau kecelakaan kerja

Seorang karyawan baru tentunya belum mengerti cara kerja perusahaaan atau tugas – tugas yang diberikan. Maka dari itu, diperlukan pelatihan yang tepat mengenai tugas – tugas yang harus dilakukan, cara pengoperasian mesin, dan teknik – teknik lainnya. Dengan begitu, resiko untuk terjadi kesalahan atau kecelakaan kerja akan jauh lebih sedikit. 

Itulah penjelasan mengenai keuntungan dilakukannya sistem pelatihan karyawan baru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *