Final ! , perhitungan 5 negara bagian ini menjadi penentu kemenangan presiden USA

Lima negara bagian swing states yang dianggap sangat krusial bagi kemenangan Donald Trump dan Joe Biden dalam pilpres AS masih menghitung surat suara mereka.

Donald Trump dan Joe Biden masing-masing membutuhkan 270 suara elektorat untuk memastikan jalan ke Gedung Putih. Mayoritas lembaga poling dan jaringan media menunjukkan Joe Biden unggul sementara dengan 253 dari Donald Trump yang meraih 214 selama penghitungan suara sementara pada Kamis.

Berikut daftar negara bagian utama yang melakukan penghitungan suara dan kapan hasilnya diumumkan.

ARIZONA
Di Arizona Joe Biden memimpin sementara dengan 2,4 poin persentase pada Kamis sore, atau 67.906 suara, dengan sekitar 14% suara tersisa untuk dihitung, menurut Reuters, 6 November 2020.

Perolehan suara dari Maricopa County yang padat penduduk, yang mencakup Phoenix, belum diketahui hasilnya sampai jam 7 malam waktu setempat, kata departemen pemilihan daerah.

Sekretaris Negara Bagian Arizona Katie Hobbs mengatakan kepada CNN pada Kamis sore bahwa 400.000 hingga 450.000 surat suara tersisa untuk dihitung di negara bagian itu, dengan hampir 300.000 di antaranya datang dari Maricopa County, yang mencakup Phoenix dan wilayah pinggirannya.

Maricopa County menyumbang 275.000 dari surat suara yang masih tersisa, kata departemen pemilihan. Biden memimpin dengan 4 poin persentase dalam suara yang dihitung sejauh ini, menunjukkan dia berada dalam posisi yang kuat untuk mempertahankan keunggulannya.

GEORGIA
Di negara bagian ini Trump memimpin 0,3 poin persentase, atau 12.765 suara, dengan 2% suara tersisa untuk dihitung, dikutip dari Reuters.

2% ini berarti ada sekitar 19.000 suara yang tersisa untuk dihitung di Georgia pada Kamis pukul 19:15 waktu setempat, menurut pernyataan dari Sekretaris Negara Bagian Georgeia Brad Raffensperger, kepada CNN.

Keunggulan Trump terus menurun karena lebih banyak surat suara dihitung pada Kamis, dan dia kemudian unggul dengan kurang dari 3.200 suara. Enam belas suara elektorat di negara bagian ini masih belum dipastikan.

NEVADA
Joe Biden memimpin Trump dengan 11.438 suara, atau 0,9 poin persentase, dengan sekitar 11% suara tersisa untuk dihitung.

Menteri Luar Negeri Nevada Barbara Cegavske mengatakan sekitar 190.150 surat suara masih harus dihitung di negara bagian itu, dengan 123.554 di antaranya berupa surat suara masuk atau surat suara dikembalikan di lokasi penyerahan. Dia mengatakan 90% dari surat suara yang masih akan dihitung berada di Clark County, kabupaten terbesar negara bagian.

Semua surat suara sah yang diterima akan dihitung sampai sembilan hari setelah pemilihan, tetapi jumlah pasti yang tersisa untuk dihitung tidak diketahui, kata Cegavske.

Suara yang beredar adalah surat suara yang masuk dan yang diberikan oleh pemilih yang mendaftar untuk memberikan suara di tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan, katanya.

NORTH CAROLINA
Trump memimpin lebih dari 76.000 suara, atau 1,4 poin, dengan sekitar 5% suara masih dihitung.

Pejabat negara bagian mengatakan hasil lengkap tidak akan diketahui sampai minggu depan. Negara bagian mengizinkan penghitungan surat suara yang masuk lewat pos yang dicap pada Selasa, jika diterima paling lambat 12 November.

PENNSYLVANIA
Trump memimpin dengan 1,5 poin persentase, atau lebih dari 97.000 suara, di negara bagian yang memiliki jatah 20 suara elektorat.

Sekitar 370.000 surat suara masih dalam proses penghitungan pada hari Kamis, menurut situs web departemen sekretaris negara bagian Pennsylvania, memberi Biden kesempatan untuk menyalip Trump jika cukup banyak dari suara yang berasal dari daerah yang ramah Demokrat seperti Philadelphia. Sekretaris negara bagian Pennsylvania Kathy Boockvar mengatakan dia mengharapkan mayoritas surat suara akan dihitung pada akhir Kamis.

Philadelphia County melaporkan lebih dari 252.000 surat suara diberikan melalui pos.

Hasil penghitungan akhir kemungkinan belum keluar hingga setidaknya hari Jumat karena Pennsylvania dapat menerima surat suara melalui pos hingga tiga hari setelah pemilihan jika dicap pos pada hari Selasa.

Sumber referensi :

https://uk.reuters.com/article/uk-usa-election-timeline/timeline-which-states-could-tip-u-s-election-and-when-will-they-report-results-idUKKBN27L22L

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *