mengenal alat defibrillator

Tentang Alat Defibrillator Yang Perlu Kita Ketahui

Defibrillator merupakan alat yang digunakan untuk mengembalikan irama jantung tidak normal saat terjadi serangan jantung mendadak. Lebih dari itu, defibrillator juga digunakan untuk memulai kembali detak jantung saat proses operasi jantung dilakukan. Untuk mengenal lebih jauh tentang alat ini, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Sejarah Singkat Alat Defibrillator

Alat ini ditemukan oleh ilmuan pada zamannya karena berbagai macam uji coba. Dimana tegangan listrik tinggi dapat menghentikan jantung dan kejutan selanjutnya bisa menormalkan kembali. Dari situ, para ilmuan mengembangkan hal ini hingga didapatlah satu kesimpulan bahwa arus listrik dengan energi tertentu dapat mengembalikan irama jantung yang tidak normal.

Cara Kerja Defibrillator

Secara umum alat defibrillator terdiri dari bebrapa komponen utama yaitu Mesin, atau main unit dan padle (elektroda). Main unit berisi komponen listrik yang dapat menhasilkan listrik dengan energi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan bantalan elektroda digunakan untuk menghantarkan energi listrik ke dada. Dengan energi tersebut, jantung yang mengalami fibrilasi akibat serangan jantung atau gangguan lainnya akan mengalami kejutan keras dan kemudian memulai ulang detaknya dengan normal.

Jenis Alat Defibrillator

Terdapat beberapa macam jenis alat defibrillator yang digunakan hingga sekarang ini. AED (automatic external defibrillator) dan Defibrillator manual (internal dan external).

  • AED atau defibrillator otomatis. Defibrillator ini memiliki sistem kerja otomatis. Dapat menganalisa irama jantung secara otomatis dan dapat mendeteksi berapa energi yang dibutuhkan untuk kejuatan. AED juga dapat melakukan kejutan secara otomatis apabila ditemukan irama jantung yang membahayakan jiwa.
  • Defibrillator Manual. Berbeda dengan defibrillator otomatis, defibrillator jenis ini digunakan secara manual oleh para tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Mereka bisa mengatur berapa energi yang dibutuhkan untuk kejutan dengan melihat grafik EKG pada layar monitor. Kejutan juga dilakukan secara manual melalui tombol yang terdapat pada pad elektroda.

Harga Alat Defibrillator

Peralatan keselamatan jiwa yang satu ini memiliki kisaran harga yang cukup mahal. Untuk mengetahui secara pasti, anda bisa tanyakan harga alat defibrillator di toko atau distributor alat kesehatan yang jual AED atau defibrillator manual. Atau anda bisa cek secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *