mengenal jenis termometer

Mengenal Beberapa Macam Jenis Termometer

Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Ada banyak sekali macam dan jenis termometer. Dalam artikel ini kita akan menyimak informasi tentang beberapa jenis termometer beserta dengan penjelasan dan gambarnya. So, silahkan lanjutkan membaca.

Macam – Macam Termometer

1. Termometer Badan

Berdasarkan objeknya ada beberapa macam termometer yang biasa kita kenal. Salah satunya adalah termometer badan. Sesuai dengan namanya, termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan. Penggunaan alat ini paling banyak di rumah sakit atau klinik. Termometer ini digunakan untuk mengukur dan memantau suhu tubuh pasien yang menderita demam. Karena berhubungan erat dengan kesehatan, termometer badan dapat digolongkan juga sebagai alat kesehatan.

2. Termometer Infrared

Tidak hanya berdasarkan objek. Berdasarkan cara kerjanya atau sistem yang bekerja pada, termometer juga bisa dikelompokan menjadi beberapa jenis diantaranya adalah termometer infrared. Alat ini bekerja dengan sistem deteksi inframerah yang umumnya ditemukan pada energi panas. Dengan demikian, panas tubuh atau panas benda dapat ditangkap oleh termometer ini dan dikonversi menjadi sebuah nilai dalam satuan celcius atau kelvin.

3. Termometer Telinga & Dahi

Sebenarnya satu jenis termometer terkadang memiliki beberapa nama. Contohnya termometer dahi atau termometer telinga. Umumnya termometer ini bekerja dengan sistem deteksi inframerah. Namun karena cara penggunaanya ditempelkan di dahi atau di lubang telinga. Maka, jenis tensimeter ini lebih terkenal dengan sebutan termometer telinga atau termometer dahi.

4. Termometer Manual & Digital

Lagi – lagi berdasarkan model atau cara kerjanya. Termometer dapat dibagi menjadi dua macam. Termometer manual dan termometer digital. Termometer manual adalah termometer yang masih menggunakan sistem mekanik. Yakni dengan memanfaatkan sifat zat tertentu seperti alkohol atau air raksa. Sedangkan termometer digital bekerja dengan menggunakan sistem mikro komputer.

5. Termometer Suhu Tinggi

Ada juga jenis termometer yang dibuat secara khusus untuk kondisi – kondisi tertentu misalnya untuk mengukur suhu yang sangat tuinggi. Termometer ini umumnya terdapat pada alat – alat khusus seperti alat sterilisasi, oven, dan alat lain yang sejenis.

Nah, demikian tadi ulasan singkat tentang beberapa macam alat termometer yang umum digunakan hingga saat ini. Alat ini dijual bebas dipasaran. Anda bisa membelinya di mana saja. Termasuk Distributor Alat Kesehatan juga sebagian ada yang menjual beberapa tipe atau jenis termometer tertentu. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *