tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek

Kandang bebek yang terdapat bau tidak hanya mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar, tapi juga akan membuat si bebek merasa tidak nyaman dan berpengaruh pada kesehatannya.

Bau yang terdapat pada kotoran bebek khususnya akan dipengaruh oleh jenis pakan nya serta kandungannya, yaitu mengandung protein cukup tinggi dengan kadar mulai dari 15 – 30% dan para peternak diwajibkan untuk mengetahui cara mengatasinya.

Bebek peking khususnya memang hewan yang mampu menghasilkan bau sangat tidak sedap, karena berasal dari kotoran ataupun sisa-sisa makanan dan jika tidak langsung diatasi akan berpengaruh untuk pertumbuhannya.

Cara Mengatasinya

Cara-cara berikut dalam mengatasi bau pada kandang bebek agar tidak mengganggu kenyamanan di sekitar kandang dan kesehatan dalam perkembangan bebek, berikut cara-caranya!.

Berikan Kapur Halus dan Pasir Kering Di Kandang

Penggunaan kapur halus dan Pasir Kering juga bisa mengatasi bau kotoran pada kandang bebek, karena keduanya dapat menetralisir bau dan menyerap air agar kondisi kandang tidak lembab.

Persiapkan kapur halus dan pasir kering secukupnya sesuai dengan kebutuhan kandang, lalu campurkan keduanya sesuai perbandingan 1 : 1 dan taburkan hingga merata pada alas kandang. 

Gunakan Probiotik

Probiotik sangat berguna untuk mengatasi bau pada kotoran bebek, karena mengandung bakteri baik yang dapat mengatasi masalah dalam pencernaan bebek dan penggunaan antibiotik juga bisa disemprotkan kepada kotoran bebek.

Penggunaan probiotik membuat saluran pencernaan bekerja lebih maksimal dan mengurangi nutrisi yang terbuang bersama kotoran, sehingga bau kotoran pun akan berkurang.

Berikan Pakan Fermentasi 

Pakan fermentasi untuk bebek akan menjadi tips untuk menghilangkan bau pada kandang bebek, karena penggunaan pakan tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh bebek yang membuat proses pencernaan yang lebih cepat.

Penggunaan pakan fermentasi pada ternak akan menghemat biaya pakan dan membuatnya lebih awet tapi jangan khawatir tidak akan menghilangkan nutrisi, karena sudah melewati proses pematangan lebih optimal. 

Perhatikan Asupan Nutrisi dan Posisi Kandang

Pemberian Nutrisi sangatlah penting, karena berfungsi untuk meningkatkan berat badannya dengan cepat yang didukung dengan nafsu makan terus meningkat dan membuat bebek tidak berbau.

Perhatikan posisi kandang dan bagian atap agar sinar matahari dapat masuk kedalam kandang dan membuat suhu kandang menjadi hangat serta tidak lembab, maka gunakanlah atap Fiberglass transparan.

Posisikan kandang yang harus membujur arah utara ke selatan, karena agar kandang tersebut mendapatkan akses cahaya yang cukup banyak dari sinar matahari dan agar kondisi tanah pada kandang tetap kering.

Gunakan bahan alami untuk mengatasi bau yang terdapat pada kandang dan bahan campurannya yaitu  jahe, kencur, kunyit, bawang merah, sereh dan berbahan lainnya dalam bentuk produk seperti EM4.

Itulah langkah-langkah diatas bisa dicoba dalam mengatasi bau kotoran pada kandang bebek, agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan bebek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *