Mengganti Pasir Kucing

Pentingnya Mengganti Pasir Kucing Setiap Hari dan Begini Caranya

Ketika memiliki kucing tentu Anda harus menyediakan tempat berupa box berisi pasir yang digunakan untuk menampung kotorannya. Menjaga kebersihan box kotoran kucing ini sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketika pasir terlalu kotor atau jarang dibersihkan, biasanya kucing akan enggan untuk menempatinya dan mencari tempat lain untuk membuang kotorannya. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka rajinlah membersihkannya setiap hari. 

Seberapa Penting Mengganti Pasir Kucing Setiap Hari?

Apabila Anda bertanya-tanya seberapa pentingkah mengganti pasir setiap hari? Jawabannya adalah sangat penting. Dengan menggantinya setiap hari, pasir tentu akan steril dan tidak mengandung banyak bakteri yang bisa membuat kucing menjadi sakit.

Di sisi lain juga pasir yang terlalu bau akan membuat kucing menjadi tidak nyaman. Anda juga bisa mengganti aroma pada pasir kucing seperti lavender, lemon, jeruk ataupun aroma lain yang menyegarkan kucing dan tentunya harus memiliki daya serap yang baik.

Cara dan Tips Membersihkan Pasir Kucing

Membersihkan pasir kucing tidak boleh sembarangan karena bisa membuat kuman menempel kemana saja. Di sini Anda membutuhkan peralatan seperti sekop, sarung tangan, masker dan peralatan umum lainnya. Berikut cara dan tips membersihkannya:

  • Gunakan sarungan tangan dan masker terlebih dahulu jika Anda kurang menyukai bau menyengat dari kotoran kucing tadi. Penggunaan masker ini juga bertujuan agar partikel pasir tidak masuk ke dalam tubuh.
  • Siapkan tempat kecil, lalu gunakan sekop untuk mengambil kotoran kucing yang berada di box pasir tadi. 
  • Apabila kondisi box pasir sudah terlalu banyak air kencing kucing, sebaiknya sisa pasirnya ditempatkan ke bagor khusus.
  • Sekarang, cucilah box pasir tersebut menggunakan air bersih dan sikat hingga benar-benar bersih.
  • Anda bisa menggunakan cairan desinfektan atau sejenisnya untuk membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel.
  • Selesai mencuci box pasir, jemur di bawah sinar matahari hingga kering. 
  • Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar dan hingga bersih.

Menurut ADHD Malta, pasir yang tadi ditempatkan dalam 1 bagor dapat dicuci ulang sekali lagi. Caranya tinggal direndam menggunakan air hangat dan sabun selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dan keringkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *