Cara Membuat Kopi Cold Brew yang Paling Mudah

cara membuat kopi cold brew

Coffee cold brew atau kopi seduh dingin adalah sala satu teknik “menyeduh” bubuk kopi hitam menggunakan air dingin atau air bersuhu ruangan dalam waktu yang lama kurang lebih 12-24 jam untuk menghasilkan rasa yang optimal.

Anda dapat “menyeduh” bubuk kopi pilihan Anda dengan cara merendamnya di dalam gelas dan membiarkannya setelah itu menyaringnya.

Untuk menyarinnya Anda bisa menggunakan alat untuk menyaring, atau untuk lebih mudahnya lagi Anda bisa menggunakan alat pembuat kopi khusus, seperti french press atau cold drip.

Teknik penyeduhan dingin ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang kental. Konsentrat kopi ini bisa langsung diminum sebagai kopi hitam tanpa basa-basi, atau bisa juga ditambahkan susu, krimer, gula, atau pemanis lainnya untuk meracik kreasi kopi lainnya. Misalnya cappuccino.

Konsentrat kopi seduh dingin bisa tetap segar hingga dua minggu jika Anda menyimpannya di lemari es.

Apa Perbedaan Antara Kopi Cold Brew dan Es Kopi?

Meski namanya mengandung kata “dingin”, kopi cold brew berbeda dengan es kopi biasa. Membuat secangkir kopi es membutuhkan waktu lebih sedikit daripada “menyeduh” kopi dingin.

Es kopi dicampur dengan bubuk kopi yang dilarutkan dalam air panas dan ditambahkan es batu setelahnya agar dingin.

Konsentrat kopi cold brew diperoleh dari merendam bubuk kopi hitam dalam air dingin atau suhu kamar.

Teknik yang berbeda menghasilkan rasa yang berbeda. Espresso panas yang dijadikan bahan dasar es kopi harus diolah lebih kuat agar rasa dan aromanya tidak mudah luntur setelah diencerkan dengan es.

Metode seduhan air panas ini memberikan kopi hitam (panas dan es) rasa yang kuat, pahit, dan aroma khas kopi pada umumnya.

Sedangkan cold brew membutuhkan waktu hingga 18-24 jam untuk menghasilkan konsentrat. Proses yang mirip dengan infused water ini menghasilkan rasa dan aroma yang lebih halus.

Hal itilah yang menyebabkan cold brew coffee terasa lebih manis. Anda juga bisa menyajikan konsentrat ini secara dingin dengan es batu tanpa harus takut dengan rasa yang terlalu hambar karena berair.

Karena alasan ini, kopi cold brew umumnya dianggap sebagai metode terbaik untuk menyeduh dingin.

Mana yang Lebih Sehat, Kopi Hitam Biasa atau Kopi Seduh Dingin?

Kopi yang diseduh, espresso, dan kopi yang diseduh dingin pada dasarnya adalah kopi hitam biasa. Satu-satunya perbedaan adalah teknik pembuatannya.

Oleh karena itu, secangkir kopi hitam tradisional dan secangkir konsentrat minuman dingin dapat dikatakan hampir nol kalori dan tidak memiliki nilai gizi yang signifikan.

Secangkir kopi hitam dan konsentrat kopi dingin yang disajikan tanpa gula sama-sama tanpa karbohidrat, lemak, protein, dan makronutrien penting lainnya, seperti kalsium dan serat.

Nilai gizi semua versi minuman ini hanya berubah jika perasa atau pemanis ditambahkan.

Selain itu, rasa kopi seduh dingin tidak se-asam kopi seduh tradisional. Kopi “seduh” air dingin ini memiliki tingkat pH 6,31, berbeda dengan versi panas yang memiliki pH 5,48 – pada skala pH, semakin rendah angkanya semakin asam zatnya.

Ini berarti kopi cold brew bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk memuaskan hasrat kopi bagi orang-orang dengan masalah pencernaan, seperti tukak lambung atau refluks, jelas Joan Salge Blake, RD, rekan asosiasi klinis di Universitas Boston dan penulis Nutrition & You, dilansir dari Health .

Selain itu, makanan / minuman yang rendah asam telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti:

  • mendukung kesehatan tulang
  • mengurangi kehilangan massa otot
  • menjaga kesehatan jantung dan daya ingat
  • mengurangi keparahan atau kejadian hipertensi dan
  • stroke

Itulah beberapa manfaat menurut Dr. sebuah artikel di Jurnal Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat.

Kopi seduh dingin juga lebih rendah kafeinnya dibandingkan kopi hitam yang diseduh panas. Satu cangkir kopi hitam yang dicampur air panas mengandung sekitar 62 miligram kafein, sedangkan kafein dalam konsentrat kopi cold brew umumnya hanya sekitar 40 miligram.

Cara Membuat Kopi Cold Brew

Tergoda oleh beberapa kebaikan kopi cold brew di atas? Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli banyak bahan jika Anda memiliki bahan di rumah dan tahu cara membuatnya. Berikut langkah-langkahnya:

Apa yang Anda butuhkan:

  • Sendok kayu atau spatula
  • Kopi hitam bubuk, mungkin Arabika atau Robusta
  • Filter kopi, kain tidak berbulu, atau filter besar
  • Stoples kaca atau wadah besar dengan penutup
  • Mangkuk besar
  • Air dingin

Bagaimana membuat:

  1. Tuang ampas kopi ke dalam wadah pilihan, lalu ikuti dengan air dingin. Rasio terbaik adalah kopi dan air 1: 8.
  2. Aduk hingga kopi tercampur rata. Tutup wadah kopi dengan rapat, diamkan selama 18-24 jam (bisa di suhu ruangan atau di lemari es).
  3. Setelah itu, saring kopi melalui saringan ke dalam mangkuk besar. Ulangi penyaringan 2-3 kali hingga warna konsentrat kopi jernih tanpa ada sisa ampas kopi.
  4. Sajikan. Anda bisa menambahkan es, krimer, susu, atau gula pasir sesuai selera. Simpan sisanya di lemari es. Jika disimpan dengan benar, kopi cold brew bisa bertahan hingga 2 minggu hingga sebulan.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk mencoba resep kopi lainnya, anda bisa membaca artikel tentang resep cold brew coffee yang satu ini.

Dan jika Anda tertarik untuk membeli atau mengoleksi mesin baik itu mesin pengolah kopi ataupun mesin pengiling kopi, Anda bisa mencarinya di rumah mesin. Karena disana tersedia banyak jenis mesin-mesin yang sangat berguna.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *