Lembaga Kemahasiswaan

Kehidupan mahasiswa di FHUI selalu penuh gairah. Beberapa organisasi kemahasiswaan di tingkat sarjana maupun pascasarjana tersedia kegunaan menampung berbagai minat dan bakat, maupun untuk membantu kegiatan-kegiatan akademik. Organisasi-organisasi ini bekerja erat bersama fakultas magister hukum untuk menampung, mengembangkan dan menaikkan potensi-potensi non-akademik mahasiswa.

Bagi Program Sarjana, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi kemahasiswaan yang diakui oleh Kementrian Pendidikan Nasional untuk menampung kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa. Di samping BEM, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), cocok bersama namanya, beranggotakan wakil-wakil mahasiswa yang bertugas jalankan faedah kontrol pada BEM serta menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada BEM dan fakultas.

Organisasi kemahasiswaan lainnya adalah Koperasi Mahasiswa (KOPMA) yang menampung potensi kewirausahaan mahasiswa. Selain beri tambahan kefaedahan yang besar bagi mahasiswa, sebab FHUI merupakan pasar yang tetap tumbuh. Koperasi ini juga menikmati keutungan yang memadai besar di tiap tiap periode kepengurusannya. Selain itu terkandung Lembaga Kajian Keilmuan (LK2) yang merupakan forum bagi mahasiswa yang tertarik pada dunia penelitian dan penyelidikan ilmiah. Dalam rangka mengikuti pertumbuhan problem hukum termutakhir, lembaga ini mengadakan diskusi, seminar dan lokakarya bagi mahasiswa.

Terdapat juga Pers, Fotografi dan Film Mahasiswa (PERFILMA) untuk menampung minat mahasiswa pada seni dan jurnalistik. Asian Law Student Association (ALSA) merupakan wadah untuk komunikasi dan pertukaran Info di pada mahasiswa hukum se-Asia.

Selain lebih dari satu Badan Otonom (BO) sebagaimana di atas, di Program Sarjana terkandung pula lebih dari satu Badan Semi Otonom (BSO) yang secara struktural berada di bawah BEM. BSO ini adalah wadah untuk menampun minat-minat mahasiswa di berbagai bidang seperti olahraga, keilmuan, praktek peradilan semu, kesenian, dan sebagainya.

Di Program Magister Ilmu Hukum terkandung Ikatan Mahasiswa Magister Hukum (IMMH) yang menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi dan kesibukan akademik yang sifatnya pengembangan keilmuan dan kreativitas mahasiswa. Sedangkan di Program Magister Kenotariatan terkandung Ikatan Mahasiswa Magister Kenotariatan (IMMK) sebagai wadah organisasi mahasiswa yang terkandung di Program Pascasarjana khususnya Program Magister Kenotariatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *