Jenis – Jenis Proses Teknologi Pencairan Gas Alam (Produksi LNG)

Inti dari pencairan gas alam adalah bagaimana kita bisa mendinginkan gas alam sampai dibawah titik didihnya (160OC pada tekanan 1 atm) menggunakan suatu pendingin yang bisa mendinginkan pada suhu cryogenic (suhu dibawah 0OC) yaitu refrigeran.


Ternyata ada beberapa proses pencairan gas alam yang menggunakan skema dan refrigeran yang berbeda beda tetapi tetap menghasilkan LNG dengan kualitas dan kapasitas yang sama. Proses proses ini telah diaplikasikan di berbagai kilang LNG yang ada di dunia.
Proses proses pencairan LNG:

  • APCI C3/MR yang dipatenkan oleh Air Products
  • Optimized Cascade yang dipatenkan oleh ConocoPhillips
  • MFPC liquefaction process yang dipatenkan oleh Statoil/Linde
  • Dual MR process yang dipatenkan oleh Shell
  • Liquefin process yang dipatenkan oleh IFP/Axens

Proses pencairan APCI C3/MR (Air Products)Proses pencairan ini adalah proses pencairan gas alam yang paling umum digunakan di dunia, hampir 80% kilang LNG yang dibagun di dunia memakai proses pencairan ini termasuk PT Badak NGL. Proses pencairan APCI memiliki efisiensi termodinamik yang tinggi.

ciri khas dari proses ini adalah menggunakan Main Heat Exchanger, di PT Badak NGL unit ini disebut dengan 5-E1 dan merupakan unit yang palling terkenal diantara unit lain.


proses ini menggunakan propan sebagai pendingin gas alam awal dan mixed refrigerant/multi component refrigerant sebagai pendingin lanjutan dan pencair gas alam.Lihat juga secara detail proses dari APCI ini menggunakan flow meter tokico 2 inch .

Proses pencairan Optimized Cascade (ConocoPhillips)
Proses pencairan ini adalah proses pencairan yang paling banyak membutuhkan equipment diantara proses yang lain karena memakai tiga siklus refrigeran. Proses ini memakai tiga refrigeran murni, yaitu: Propan, Etilen, dan Metan, sehingga efisiensi termodinamiknya sedikit lebih rendah daripada proses yang memakai refrigeran campuran. Etilen sebagai salah satu

refrigerannya juga tidak dapat di produksi sendiri, karena etilen hanya dapat diproduksi di industri petrokimia, jadi proses ini tidak cocok untuk kilang LNG yang berdiri sendiri jauh dari pabrik petrokimia yang memproduksi etilen.
kelebihan dari proses ini adalah area perpindahan panasnya kecil.

Proses pencairan MFPC (Linde/Statoil)
proses ini memakai refrigeran campuran di setiap tahapan proses pendinginannya

Linde simplified liquefaction process

Dual Mixed Refrigerant (Shell)Dual MR mempunyai dua siklus pendingin mixed refrigeran yang terpisah prosesnya mirip dengan proses APCI. Secara teoritis mempunyai efisiensi termodinamik yang paling tinggi, lebih tinggi daripada APCI karena mempunyai kurva pendinginan yang cocok untuk gas alam.

DMR process

Liquefin process (IFP/Axens)

merupakan teknologi yang paling baru dan diperkirakan akan menghasilkan kilang LNG dengan kapasitas besar. Heat exchangernya menggunakan jenis plate and fin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *