Aturan Terbaru Keluar-Masuk Jakarta Naik Transportasi Umum Saat PPKM

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku di Jawa dan Bali pada 11-25 Januari 2021.

Dalam penerapannya, seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta masuk di dalam ketentuan PPKM tersebut. Hal ini sebabkan adanya ketentuan terakhir keluar-masuk Jakarta.

Adapun, ketentuan tertuang di dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2021 perihal Ketentuan Perjalanan travel semarang jakarta Dalam Masa Pandemi Covid-19.

SE berikut merupakan perpanjangan berasal dari SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 yang berlaku hingga 8 Januari 2021. Untuk jelas lebih lanjut, berikut ketentuan terakhir keluar-masuk Jakarta :

1. Ada tes acak rapid test antigen Bagi pelaku perjalanan yang pakai moda transportasi lazim darat dilakukan tes acak rapid test antigen apabila dibutuhkan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

2. Wajib bawa hasil negatif PCR untuk transportasi hawa Pelaku perjalanan yang pakai transportasi hawa harus perlihatkan surat info (suket) hasil negatif PCR yang sampelnya diambil di dalam kurun saat maksimal 3×24 jam.

3. Namun, pelaku perjalanan juga bisa perlihatkan hasil non-reaktif rapid test antigen yang sampelnya diambil di dalam kurun saat maksimal 2×24 jam sebelum saat keberangkatan.

Wajib bawa rapid test antigen non-reaktif untuk perjalanan laut dan KA Masyarakat yang lakukan perjalanan lewat jalan laut maupun kereta api antarkota harus membawa hasil non-reaktif rapid test antigen, atau suket hasil negatif PCR. Baik rapid test antigen maupun PCR sampelnya harus diambil di dalam kurun saat maksimal 3×24 jam sebelum saat keberangkatan.

4. Pengguna moda transportasi darat teristimewa diimbau PCR atau rapid test antigen Pelaku perjalanan yang pakai moda transportasi darat teristimewa diimbau lakukan PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil di dalam kurun saat maksimal 3×24 jam sebelum saat keberangkatan.

5. Wajib mengisi e-HAC Indonesia Seluruh pengguna moda transportasi apa pun, baik lazim maupun teristimewa kecuali kereta api, harus mengisi e-HAC Indonesia.

6. Wajib mematuhi protokol kesegaran Selain melengkapi syarat perjalanan, pelaku perjalanan yang keluar-masuk Jakarta harus mematuhi protokol kesegaran 3M.

Adapun, protokol kesegaran 3M adalah kenakan masker, melindungi jarak dan menghindari kerumunan, dan juga membasuh tangan bersama sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Masker pun harus kain tiga lapis atau masker medis.

7. Tidak diperkenankan untuk saling ngobrol Para pelaku perjalanan tidak diperkenankan berbicara satu arah maupun dua arah lewat telepon, atau secara segera selama perjalanan bersama moda transportasi lazim darat, laut, kereta api, dan udara.

8. Tidak diperkenankan makan dan minum Aturan keluar-masuk Jakarta lain yang harus dipatuhi adalah makan dan minum tidak diperkenankan selama perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang berasal dari dua jam, kecuali bagi individu yang harus mengonsumsi obat di dalam rangka pengobatan.

Selain delapan ketentuan di atas, tersedia juga ketentuan lain yang patut diperhatikan sebelum saat lakukan perjalanan keluar-masuk Jakarta yaitu sebagai berikut:

Anak di bawah umur 12 th. tidak harus lakukan PCR atau rapid test antigen Perjalanan rutin bersama moda transportasi laut yang mempunyai tujuan melayani pelayaran wilayah terbatas antarpulau/antarpelabuhan domestik di dalam satu wilayah aglomerasi, atau bersama transportasi darat baik teristimewa maupun lazim di dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan.

Tidak harus perlihatkan suket hasil negatif PCR atau rapid test antigen Untuk ketentuan nomor dua, kecuali dibutuhkan oleh Satgas Penangananan Covid-19 Daerah, tes acak akan dilakukan Jika hasil rapid test antigen atau PCR pelaku perjalanan negatif/non-reaktif, tapi perlihatkan gejala, mereka dilarang melanjutkan perjalanan dan harus lakukan tes diagnostik PCR dan isolasi berdiri sendiri selama saat menanti hasil pemeriksaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *