alat peraga kesehatan

Mengenal Segelintir Alat Peraga Dalam Dunia Pendidikan Kesehatan

Dalam pendidikan alat peraga merupakan salah satu unsur penunjang yang digunakan dalam proses belajar – mengajar. Terlebih lagi untuk sekolah – sekolah yang notabene harus melihat dan praktek. Contohnya sekolah tinggi ilmu kesehatan. Penggunaan alat peraga merupakan hal yang wajib. Kali ini penulis ingin berbagi informasi tentang beberapa contoh alat peraga yang digunakan dalam dunia kesehatan :

Alat Peraga Dalam Dunia Kesehatan

1. Phantom Persalinan

Dalam bahasa medis, alat peraga disebut juga dengan istilah Phantom atau Manekin Kesehatan. Salah satu modelnya adalah Phantom Persalinan. Phantom ini terdiri dari berbagai macam model – model peraga dalam proses persalinan. Mulai dari pemeriksaan kehamilan, pembukaan, dan lain sebagainya. Phantom persalinan umumnya digunakan untuk sekolah kebidanan.

2. Phantom Anatomi Gigi

Anatomi merupakan materi pelajaran penting dalam sekolah kesehatan. Tidak hanya anatomi bagian tertentu seperti gigi yang saya jadikan contoh. Gigi merupakan salah satu contoh bentuk anatomi atau manekin yang banyak digunakan dalam dunia kesehatan. Tidak hanya di sekolah. Namun juga alam dunia konseling kesehatan, penyuluhan kesehatan dan lain sebagainya.

3. Phantom RJP

RJP (Resusitasi Jantung Paru) adalah satu tindakan medis emergency untuk mempertahankan aliran darah tetap mengalir ke otak dalam kondisi jantung tidak berfungsi memompa darah. Hal ini perlu latihan agar proses RJP sesuai dengan prosedur. Seluruh tenaga medis pun wajib menguasai hal ini. Oleh sebab itu, phantom RJP adalah manekin yang sangat penting yang berkaitan dengan dunia kesehatan.

4. Phantom Lengan

Salah satu yang cukup penting dalam dunia medis adalah bagian lengan. Di sini terjadi pemasangan infus, pengambilan darah, pemasangan IV Catether, pengukuran tekanan darah dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, lengan adalah salah satu bagian anatomi yang perlu dibuat peraga untuk berbagai macam tindakan medis. Khususnya untuk perawat.

5. Phantom Bayi

Selain phantom ibu hamil, phantom melahirkan, dan phantom persalinan. Phantom bayi juga penting. Phantom bayi digunakan untuk pelatihan menimang bayi, menyusui, memperikan pertolongan bantuan pernafasan, memandikan bayi dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sepele, namun phantom ini sangat penting dan perlu di pelajari.

Demikian, informasi seputar alat peraga dalam dunia kesehatan. Untuk anda yang kebetulan membutuhkan informasi penjual alat peraga kesehatan, anda bisa kunjungi www.alatperagakesehatan.net. Situs toko alat peraga kesehatan terlengkap, Resmi dan Terjamin Asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *