jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang

Jenis Jenis Plastik Yang Bisa Didaur Ulang

Halo, kali ini kita akan membahas tentang kode dan Jenis Jenis Plastik Yang Bisa Didaur Ulang atau sulit didaur ulang, mari kita lihat!

Jenis Jenis Plastik Yang Bisa Didaur Ulang

jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang

1. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang

Simbol pertama adalah simbol daur ulang dengan kode nomor 1 dan kode PETE atau PET di bagian bawah. Simbol ini menunjukkan bahwa plastik tersebut terbuat dari Polyethylene Terephthalate. Biasanya simbol ini terdapat pada plastik untuk kemasan makanan dan minuman. Seperti botol minuman, botol saus, botol minyak, botol soda, wadah selai, kotak obat, dan juga sisir.

Jenis plastik ini hanya dapat digunakan sekali. Tidak dianjurkan untuk digunakan berulang-ulang, apalagi kandungan air hangat, karena lapisan polimer dan zat karsinogenik pada plastik dapat larut (longgar) dan menyebabkan kanker pada organ tubuh manusia.

Yang terbaik adalah jika barang plastik dengan kode ini didaur ulang menjadi tas atau permadani. Dan ada baiknya jika kita menghindari jenis plastik ini.

Jangan Lupa Mampir Ke Website Kami : RumahMesin

2. HDPE atau PEDH (High Density Polyethylene)

jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang

Simbol daur ulang plastik selanjutnya yaitu adalah simbol dengan kode nomor “2” dan juga kode HDPE atau PEHD. Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polietilen densitas tinggi.

Jenis plastik dengan simbol ini biasanya dipakai sebagai galon air minum, botol susu, botol sampo, botol deterjen, botol sabun, dan juga kemasan plastik tebal lainnya.

Jenis plastik ini termasuk dalam kelompok plastik yang cukup aman untuk digunakan berulang kali, karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomis dan proses daur ulang yang sederhana.

Namun meski bisa digunakan berulang kali, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan yang terjaga.

3. LDPE atau PE-LD (Density Polyethylene)

Simbol selanjutnya adalah simbol dengan kode nomor 4 dan LDPE atau PE-LD. Apa yang telah Anda temukan? Biasanya terdapat pada kantong plastik (retak), kantong sampah plastik, kantong belanja, hingga kemasan makanan.

Jenis plastik ini terbuat dari polietilen densitas rendah, elastis, tahan lama dan dapat digunakan berulang kali.

Tetapi sebaiknya Anda menggunakannya sekali dan mendaur ulangnya agar tidak terkubur di dalam tanah yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai.

Baca Juga : Produk Pencacah Plastik

Jenis Plastik yang Sulit Didaur Ulang

1. PVC atau V (Polivinil Klorida)

Simbol dengan kode nomor 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polivinil klorida. Misalnya plastik untuk pipa air, ubin, kabel listrik, pembungkus, dan mainan anak/hewan peliharaan.

Barang-barang plastik yang terbuat dari plastik polivinil klorida sering juga disebut sebagai “plastik beracun”, karena mengandung berbagai jenis bahan kimia beracun yang mudah larut dan berbahaya bagi kesehatan.

Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga tidak disarankan menggunakan jenis plastik ini untuk kemasan makanan atau minuman.

2. PP (Polypropylene)

Lambang plastik kelima adalah lambang dengan kode nomor 5 dan kode PP. Simbol ini dipakai sebagai plastik yang terbuat dari polypropylene. Misalnya wadah makanan/minuman, botol sirup, kotak yoghurt, sedotan plastik, lakban, dan tali plastik.

Barang-barang plastik dengan simbol ini dapat digunakan untuk wadah makanan dan minuman, karena terbuat dari polypropylene yang sangat kuat dan cukup aman untuk digunakan bahkan dalam suhu panas.

Namun, jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga lebih baik untuk mengurangi penggunaannya.

3. PS (Polistirena)

Jenis plastik yang mempunyai simbol dengan kode angka “5” dan juga kode PP yaitu adalah plastik yang terbuat dari polystyrene, biasanya dijual dengan harga murah serta murah.

Jenis plastik ini biasa digunakan sebagai papan atau papan minum dan makan Styrofoam, wadah telur, sendok/garpu plastik, pembungkus busa untuk bahan bangunan (bahan lantai).

Plastik ini dapat melepaskan styrene yang merupakan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker, terutama jika digunakan untuk makanan/minuman panas. Mbebayani ya? Apakah Anda masih menggunakan jenis plastik ini untuk kemasan makanan dan minuman?

Berikut simbol dan Jenis Jenis Plastik Yang Bisa Didaur Ulang yang perlu Anda ketahui. Buat kamu yang masih sering menggunakan produk plastik, apakah kamu masih ingin menggunakannya? Atau Anda lebih suka memulai perjalanan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *